Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 16:09 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Kaya akan kandungan cairan, buah satu ini juga kaya dengan vitamin C, B2, B3, kalsium, antioksidan, sumber zat besi, tinggi serat, dan masih banyak lagi, yang mana kandungannya tentu sangat baik bagi kesehatan.

Apabila kamu merupakan salah pecinta buah naga, tidak ada salahnya untuk menanamnya langsung di rumahmu, sehingga kamu bisa mendapat buah yang lebih segar.

Baca juga: Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai

Dilihat dari kanal Youtube Guru Tanaman, Rabu (24/2/2021), buah naga nyatanya memungkinkan untuk ditanam di dalam pot atau tambulampot.

Meski buah naga merupakan tanaman buah yang cukup besar, namun seseorang bisa saja menanamnya dalam pot dan menghasilkan buah yang segar.

Berikut ini beberapa cara dan langkah-langkah dalam menanam buah naga di dalam pot:

1. Siapkan pot untuk tanaman buah naga

Untuk menanam buah naga di dalam pot , kamu perlu menyiapkan pot tanamannya terlebih dahulu dari berbagai bahan, bisa pot bahan semen, plastik, tanah liat dan sebagainya.

Baca juga: Catat, Ini Buah yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Anjing

Namun, pot dari bahan tanah liat merupakan wadah yang paling ideal, karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan.

Lalu, gunakan pot yang yang cukup besar, semakin besar semakin baik, dengan minimal pot berdiameter sekitar 40 cm.

2. Pasang tiang untuk panjatan buah naga

Sebuah tiang panjatan sangat dibutuhkan oleh tanaman buah naga, karena batang dan dahan buah naga memerlukan penopang agar bisa menopang berat pohon buah naga.

Tiang panjatan yang digunakan untuk panjatan buah naga bisa dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama, mengingat usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com