Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Terjadi Pemadaman Listrik

Kompas.com - 02/03/2021, 14:41 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik atau kerap disebut mati lampu merupakan hal yang terkadang bisa terjadi pada sebuah pemukiman atau wilayah.

Terjadinya pemadaman listrik biasanya dikarenakan adanya upaya perbaikan atau pemeliharaan di suatu tempat, atau telah terjadinya sebuah bencana.

Dan, apabila suatu saat rumahmu mengalami pemadaman listrik, maka ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan, sekalipun kamu akan merasa sangat bosan.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mati Listrik

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (2/3/2021), terdapat beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat terjadi pemadaman listrik di rumahmu.

1. Jangan nyalakan banyak lilin

Saat pemadaman listrik terjadi di malam hari, sudah pasti itu membuat suasana dalam rumah jadi gelap gulita, sehingga lilin dianggap sebagai sumber cahaya saat mati listrik.

Namun, menyalakan lilin, terlebih dalam jumlah yang terlalu banyak bisa berisiko menyebabkan kebakaran.

Lilin juga tidak memberikan cahaya yang kuat, jadi lebih baik kamu menggunakan lentera yang terang atau lampu darurat. Tapi, jika kamu tidak ada pilihan untuk menyalakan lilin, pastikan untuk tidak meninggalkannya tanpa pengawasan.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Periksa 7 Peralatan Elektronik Ini

2. Jangan membuka kulkas

Setiap kali kamu membuka pintu kulkas atau freezer, kamu telah mengeluarkan udara dingin di dalamnya, dan kulkas tidak akan bisa mendinginkan kembali hingga listrik menyala lagi.

Namun, kulkasmu yang belum dibuka dapat menyimpan makananmu pada suhu yang aman setidaknya selama 4 jam. Jadi cobalah untuk tidak membuka kulkas kecuali benar-benar diperlukan.

3. Jangan bermain ponsel

Saat mati listrik terjadi di rumahmu, memainkan handphone mungkin jadi cara untuk menghilangkan kebosanan dan mati gaya.

Tapi, pertimbangkan kembali saat kamu ingin terus-terusan bermain handphone, dan pikirkan untuk menghemat baterainya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com