Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagihan Listrik Membengkak karena AC? Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 16/02/2021, 10:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan menjadi alat elektronik yang diperlukan di beberapa rumah.

Namun, biaya yang dikeluarkan untuk memakai AC ini lebih besar daripada penggunaan kipas angin, karena daya listrik yang dikeluarkan lebih besar. Lalu, bagaimana agar di dalam rumah dapat menggunakan AC dengan biaya yang tidak terlalu mahal?

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (16/2/2021), ada beragam cara agar Anda bisa lebih menghemat walaupun menggunakan AC.

Baca juga: Mengatur Suhu AC Rendah Bisa Cepat Dinginkan Ruangan?

Pastikan area di sekitar AC tertutup rapat

Ini adalah kunci untuk menjaga ruangan tetap sejuk di hari musim panas. Kebanyakan AC dilengkapi dengan penutup akordeon yang membantu mengatasi masalah ini, tetapi seringkali tidak pas.

Strip cuaca busa adalah cara yang murah dan efektif untuk mengisi celah. Anda dapat dengan mudah memotongnya sesuai ukuran dan mengompresnya menjadi lubang untuk menghalangi udara panas.

Jangan lupa celah antara jendela geser yang muncul saat Anda mengangkat jendela bawah untuk memasang unit Anda.

Jaga kebersihan AC

AC bisa menjadi berdebu dan kotor selama cuaca panas, jadi Anda harus membersihkannya. Gulungan, lembaran logam yang sangat rapat di bagian depan dan belakang unit, menumpuk paling banyak debu.

Baca juga: 6 Cara Membuat AC Lebih Efisien

Dengan kain lembab atau tisu dapur, seka dengan butiran gulungan agar tidak merusaknya. Menggunakan sekaleng udara bertekanan juga dapat menghilangkan debu.

Lakukan hal yang sama untuk kumparan depan, yang berada di belakang filter). Jika Anda memiliki sistem AC sentral, minta unit dibersihkan dan diservis oleh seorang profesional.

Gunakan exhaust pada malam hari

Anda bisa menggunakan exhaust pada malam hari kecuali saat musim kemarau karena akan menyedot udara panas. Atau bisa menggunakan cara dengan memasang kipas angin menghadap ke luar di jendela di salah satu sisi ruangan.

Kemudian buka jendela lain di sisi seberang ruangan. Saat kipas menyala, ia akan meniupkan udara pengap ke luar jendela dan menciptakan aliran udara yang menarik udara segar dari luar melalui jendela lain yang terbuka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com