Kompas.com - 27/01/2021, 08:40 WIB
AC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan. THINKSTOCKPHOTOSAC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan air conditioner (AC) memang menjadi solusi untuk mendinginkan ruangan di kala suhu sedang panas. Namun, saat suhu memanas, efisiensi AC menurun drastis dan membuat AC lebih bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (27/1/2021), ada beberapa tips yang bisa meringankan beban AC di rumah, sehingga lebih efisien dan hal ini akan lebih menghemat tagihan listrik.

Atur Termostat

Beberapa orang mengatur AC pada suhu 25 derajat celcius yang merupakan suhu yang disarankan. Sementara beberapanya lagi mengatur suhu AC lebih rendah daripada 25 derajat celcius, padahal hal ini tidak disarankan karena tidak membantu untuk mendinginkan ruangan secara cepat.

Baca juga: Simak, Ini Cara Memilih PK AC Sesuai Kebutuhan

Sebab AC akan mendingin dengan kecepatan yang sama seberapa suhu yang diatur, maka dari itu mengatur suhu hingga 21 derajat celcius tidak akan membantu lebih cepat mendinginkan ruangan daripada suhu 25 derajat celcius.

Tutup Gorden

Cahaya alami dapat membantu mengurangi biaya pencahayaan Anda, tetapi jika tidak ada orang di dalam ruangan, sebaiknya tutup gorden di siang hari. Hal ini terutama untuk rumah dengan jendela menghadap ke timur dan barat.

Mencegah sinar matahari langsung memasuki rumah membantu mengurangi beban yang harus dilakukan AC. Untuk memaksimalkan pendinginan, buka gorden di malam hari agar panas keluar melalui jendela.

Menghidupkan Kipas Angin

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih hangat, kipas angin masih dapat memberikan angin sepoi-sepoi yang nyaman di malam hari dan memungkinkan Anda untuk mengatur AC di atas 25 derajat celcius sehingga dapat menghemat banyak energi.

Baca juga: Remote AC Tak Berfungsi? Ini Beberapa Penyebabnya

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X