Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghilangkan Permen Karet yang Menempel di Benda-benda di Rumah

Kompas.com - 15/02/2021, 20:28 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permen karet bekas yang habis dikunyah seseorang adalah salah satu kotoran yang cukup sulit untuk dikeluarkan dari peralatan rumah tangga manapun ketika menempel.

Saat kamu tak sengaja menginjak permen karet di sepatumu, permen karet akan berpindah ke mana pun kamu pergi bahkan masih menempel hingga kamu pulang ke rumah, sehingga dalam prosesnya, permen karet jadi menempel di lantai, karpet, dan ubin di dapur.

Untuk menghilangkan permen karet dari peralatan rumah tangga, hal cepat yang dapat menghemat waktumu adalah penghapus cat kuku.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Permen Karet yang Menempel di Pakaian

Jika tidak ada pembersih cat kuku untuk menghilangkan permen karet lengket di pakaian atau lantaimu, ada bahan lain yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu memiliki anak di rumah, situasi ini bisa menjadi tidak terkendali. Bahkan akan sampai ke bagian di mana permen karet ada di pakaian, lalu ke mesin cuci dan seterusnya.

Jika kamu kebetulan mendapatkan situasi seperti ini, berikut ini tips menghilangkan permen karet dari beberapa hal di dalam rumah, dilansir dari Boldsky, Senin (15/2/2021).

1. Menyingkirkan permen karet di pakaian

Rendam area pakaian yang terkena permen karet dalam air panas. Saat terendam, kikis permen karet menggunakan sikat gigi atau pisau.

Baca juga: 11 Trik Hilangkan Permen Karet dari Pakaian

Saat kamu menggosok kain yang direndam dalam air mendidih, lakukan dengan gerakan memutar. Biarkan garmen mengering dan ulangi prosesnya jika perlu. Kamu juga bisa menghilangkan permen karet dari pakaian dengan bantuan alkohol.

2. Menyingkirkan permen karet di lantai

Cara terbaik untuk menghilangkan permen karet dari lantai adalah dengan menggunakan es. Ambil sepotong es batu dan gosok lantai dengan es.

Dalam prosesnya, kamu akan melihat permen karet mulai mengendur di ujungnya dan perlahan mulai mengelupas. Kamu juga bisa menghilangkan permen karet dan sisa residu lengketnya dari lantai dengan menjatuhkan beberapa tetes minyak kelapa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com