Kompas.com - 15/02/2021, 15:37 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman. PIXABAY/JILL WELLINGTONIlustrasi menyiram tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses membudidayakan tanaman apapun, penyiraman adalah salah satu langkah penting dalam merawat tanaman untuk memastikannya tetap tumbuh agar tidak menyebabkan layu hingga mati.

Meski begitu, menyiram tanaman juga memiliki aturan dalam jumlah batasan air yang disiramkan. Jika berlebihan, akar tanaman bisa mudah busuk dan mati.

Selain jumlah air yang disiram, menyiram tanaman juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar penyerapannya bisa maksimal.

Baca juga: Begini Cara Menyiram Monstera Variegata agar Tidak Busuk

Namun, tahukah kamu waktu terbaik untuk menyiram tanaman? Apakah pagi hari? Siang hari? Sore hari? Atau malam hari?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai waktu terbaik untuk menyiram tanaman, dilansir dari berbagai sumber, Senin (15/2/2021).

Yang perlu kamu ketahui tentang menyiram tanaman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah pertanyaan sederhana membutuhkan jawaban sederhana, kapan waktu terbaik untuk menyiram tanaman? Jawabannya adalah sebelum mereka membutuhkannya.

Jika tanamanmu kendur dan terkulai, berarti mereka sudah haus. Benar, ada hal-hal lain dapat menyebabkan itu, termasuk serangga, penyakit, suhu yang sangat panas dan, percaya atau tidak, air yang berlebihan.

Baca juga: Menyiram Tanaman Sebaiknya di Pagi Hari, Ini Sebabnya

Kapan waktu terbaik menyiram tanaman?

Semua hal telah dipertimbangkan, jadi lebih baik menyirami tanaman di pagi hari daripada sore hari. Pertama, itu memperkuat mereka untuk hari yang akan datang.

Kedua, jika kamu menyiram dari atas kepala, kelembapan bisa menguap dari dedaunan, jika tidak, ia tetap di sana semalaman dan bisa menyebabkan penyakit daun.

Hampir selalu lebih baik menyiram pangkal tanaman dengan irigasi tetes atau selang air, karena ini mengarahkan air ke akar dan membatasi penguapan. Pengecualian adalah tanaman berdebu bisa mendapatkan keuntungan dari penyiraman air sesekali.

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal dan akses yang lebih sedikit ke kelembaban tanah yang lebih dalam.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.