Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Waktu Terbaik Menyiram Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses membudidayakan tanaman apapun, penyiraman adalah salah satu langkah penting dalam merawat tanaman untuk memastikannya tetap tumbuh agar tidak menyebabkan layu hingga mati.

Meski begitu, menyiram tanaman juga memiliki aturan dalam jumlah batasan air yang disiramkan. Jika berlebihan, akar tanaman bisa mudah busuk dan mati.

Selain jumlah air yang disiram, menyiram tanaman juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar penyerapannya bisa maksimal.

Namun, tahukah kamu waktu terbaik untuk menyiram tanaman? Apakah pagi hari? Siang hari? Sore hari? Atau malam hari?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai waktu terbaik untuk menyiram tanaman, dilansir dari berbagai sumber, Senin (15/2/2021).

Yang perlu kamu ketahui tentang menyiram tanaman

Sebuah pertanyaan sederhana membutuhkan jawaban sederhana, kapan waktu terbaik untuk menyiram tanaman? Jawabannya adalah sebelum mereka membutuhkannya.

Jika tanamanmu kendur dan terkulai, berarti mereka sudah haus. Benar, ada hal-hal lain dapat menyebabkan itu, termasuk serangga, penyakit, suhu yang sangat panas dan, percaya atau tidak, air yang berlebihan.

Kapan waktu terbaik menyiram tanaman?

Semua hal telah dipertimbangkan, jadi lebih baik menyirami tanaman di pagi hari daripada sore hari. Pertama, itu memperkuat mereka untuk hari yang akan datang.

Kedua, jika kamu menyiram dari atas kepala, kelembapan bisa menguap dari dedaunan, jika tidak, ia tetap di sana semalaman dan bisa menyebabkan penyakit daun.

Hampir selalu lebih baik menyiram pangkal tanaman dengan irigasi tetes atau selang air, karena ini mengarahkan air ke akar dan membatasi penguapan. Pengecualian adalah tanaman berdebu bisa mendapatkan keuntungan dari penyiraman air sesekali.

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal dan akses yang lebih sedikit ke kelembaban tanah yang lebih dalam.

Sementara itu, ada alasan tertentu menyiram tanaman di siang hari tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat di mana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.

Lalu, menyiram tanaman sore hari adalah waktu yang paling tidak efisien untuk menyiram berdasarkan tingkat penguapan.

Menurut Richard P Jauron, Spesialis Program Ekstensi II di Departemen Hortikultura Iowa State University, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga 09.00.

Ada alasan tersendiri mengapa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyiram tanaman. Menurut Jauron, penyiraman di pagi hari bisa membuat daun tanaman cepat mengering.

Daun tanaman yang yang cepat mengering bisa membantu mencegah terjadinya perkembangan penyakit jamur.


Lalu, dia juga menyebut bahwa menyiram tanaman di sore hari menggunakan alat penyiram atau selang tanaman bisa menyebabkan timbulnya masalah atau penyakit pada tanaman hias.

“Jika menyiram tanaman di sore hari, kemungkinan besar daun tanaman akan tetap basah sepanjang sore atau malam. Hal ini tidak baik, karena bisa menyebabkan munculnya penyakit daun,” tutur Jauron.

Tetapi, ketika tanaman berjuang karena kekurangan kelembapan dan air akibat lupa disiram, segera sirami. Jangan menunggu waktu yang lebih baik untuk menyiram tanaman ketika kondisi seperti ini terjadi.

Bagaimana dengan tanaman di dalam pot?

Jika kamu menanam tanaman dalam pot selama bagian terpanas musim panas, ada kemungkinan kamu perlu menyiram dua kali sehari, pagi dan sore.

Penyiraman pagi hari melindungi tanaman dari panasnya siang hari, dan penyiraman sore menggantikan apa yang hilang.

Pengecualian: tanaman kategori sukulen dan kaktus membutuhkan lebih sedikit penyiraman. Sukulen ini membuat tanaman hias yang sangat keren.

Tanaman keras, semak, dan pohon memiliki akar yang lebih dalam dari tanaman musiman dan dapat menahan kelangkaan air dengan lebih baik dalam jangka pendek.

Akan tetapi, mereka masih bisa menyerah pada kekeringan, jadi jangan abaikan. Tanaman yang baru diletakkan di dalam pot membutuhkan lebih banyak penyiraman sampai mereka terbentuk.

Hal utama adalah menjaga kelembapan tanah dengan mulsa dan menyiram secara perlahan dan dalam untuk mendorong akar bermigrasi ke bawah daripada berkonsentrasi di dekat bagian atas.

Periksa kelembaban tanah dengan sekop. Jika 2 inci teratas tanah kering, kamu perlu menyiramnya apakah tanaman menunjukkan tekanan kelembaban atau tidak.

Jadi, secara keseluruhan, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi hari, karena ini akan memberi tanaman waktu untuk mengering sebelum malam hari.


Sebab, membiarkan air diam di tanaman semalaman bisa memicu pertumbuhan jamur. Penyiraman di saat yang tepat dan dengan menggunakan metode yang tepat akan menjaga tanamanmu tetap sehat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/15/153700476/ketahui-waktu-terbaik-menyiram-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke