Kompas.com - 15/11/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman hias Monstera variegata. SHUTTERSTOCK/Switlana SonyashnaIlustrasi menyiram tanaman hias Monstera variegata.

JAKARTA, KOMPAS.com - Monstera variegata menjadi salah satu dari sekian banyak jenis tanaman hias yang saat ini populer untuk ditanam dan dirawat masyarakat.

Berbeda dari jenis monstera lainnya, monstera variegata memiliki gradasi warna pada daunnya, seperti corak putih, krem atau hijau. Hal tersebut menjadikan monstera variegata memiliki nilai jual yang lebih.

Dalam proses perawatannya, peletakkan dan penyiraman monstera variegata berbeda dengan tanaman hias lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahuinya, terlebih bagi kamu yang baru memelihara monstera variegata dan belum piawai merawatnya.

Baca juga: Kenalan dengan Tanaman Monstera, Eksotis dan Instagrammable

Lalu bagaimana peletakkan dan penyiraman monstera variegata yang baru kamu tanam agar dapat tumbuh sehat dan tidak busuk?

Berikut penjelasan Chacha, pegiat tanaman hias dari Salmanda Plants dalam unggahan Instagram rangkaian Festival Tanaman Online Urban Jungle Casa Indonesia x Tokopedia, Sabtu, (14/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Monstera variegata yang baru ditanam diletakkan seperti di teras yang terdapat udara segar, tapi tidak terpapar sinar matahari langsung," jelas Chacha.

Setelah itu, saat monstera variegata sudah sehat dan subur bisa diletakkan di dalam rumah. Tetapi, itu pun sebaiknya dilakukan rotasi.

Baca juga: Ingin Merawat Anthurium? Perhatikan Hal Ini

Rotasi yang dimaksud adalah meletakkan monstera variegata selama tiga hari di dalam rumah dan tiga hari di teras. Lakukan hal tersebut secara berlanjut.

Selanjutnya, untuk penyiraman monstera variegata secara umum bisa dilakukan setiap tiga hari sekali, jangan lebih dan kurang.

"Lalu untuk pemupukan bisa menggunakan vitamin B1 dan itu disiram sebanyak satu kali setiap satu minggu," tutur Chacha.

Bagi orang-orang yang meletakkan monstera variegata miliknya di ruangan ber-AC, Chacha mengingatkan agar tetap melakukan rotasi. Hal itu berguna agar tanaman tetap mendapatkan udara segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.