Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/09/2021, 17:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan seseorang untuk membuat tanaman  tumbuh subur, salah satunya menggunakan micin alias penyedap rasa atau Monosodium Glutamat (MSG).

Ya, mungkin kamu akan kaget dan tak yakin apabila bahan penyedap makanan memiliki manfaat baik bagi tanaman.Akan tetapi, itu memang kenyataan.

Dikutip dari kanal Youtube Tanaman Rumah, Kamis (16/9/2021), micin baik untuk kesuburan tanaman yang ada di pekarangan rumah, seperti tanaman pangan, buah, tanaman hias bunga, dan tanaman lainnya yang terdapat di polybag.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

Selain menyuburkan tanaman, micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman.

Terdapat alasan mengapa micin bisa baik untuk pertumbuhan tumbuhan. Irfan, selaku pegiat tanaman dalam video tersebut mengatakan bahwa terdapat kandungan micin yang berpengaruh untuk kesuburan tanaman.

"Micin atau MSG ini memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut baik buat pertumbuhan tanaman," jelas Irfan.

Sebelum mengaplikasikan micin ke tanaman untuk pertumbuhan yang subur, selayaknya pemilik tanaman sudah melakukan perawatan secara baik dan benar.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Cara menggunakan micin untuk menyuburkan tanaman 

Penggunaan micin untuk tanaman terdapat dua metode, yakni disemprot dan dikocor alias menyiram bagian bawah tanaman.

1. Cara disemprot

Untuk cara disemprot, kamu perlu menyiapkan alat penyemprot tanaman berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air dan juga micin.

Masukkan 2 liter air ke alat penyemprot tanaman. Lalu masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah selesai, semprotkan larutan air dan micin pada tanaman yang belum memiliki bunga dan buah. Lakukan penyemprotan tanaman menggunakan larutan micin di pagi hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com