Kompas.com - 12/11/2020, 16:03 WIB
Alocasia Black Velvet yang memiliki lapisan seperti beludru atau lapisan velvet di permukaan daunnya. Hasil tangkap layar Youtube Oranje GardenAlocasia Black Velvet yang memiliki lapisan seperti beludru atau lapisan velvet di permukaan daunnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias alocasia kini tengah digandruni para pecinta dan pengoleksi tanaman hias. Rupa daunnya yang unik membuat alocasia cocok dijadikan dekorasi.

Nah, untuk kamu yang baru mulai mengoleksi atau merawat alocasia, ada baiknya mengetahui ragam jenis hama dan penyakit yang mampu mengancam pertumbuhan tanaman tersebut.

Hama dan penyakit ini akan merusak daun dan menyerap nutrisi pada tanaman.

Baca juga: Tanaman Hias Alocasia Populer Tahun Ini, Apa Sebabnya?

Dilansir dari The Spruce, Kamis (12/11/2020), tanaman alocasia memang memiliki ragam motif daun yang mengagumkan, namun sebenarnya tanaman ini sangat sensitif.

Beberapa penyakit umum menjangkiti alocasia, seperti bercak daun, hingga pembusukan pada batang dan akar atau root rot. Penyakit lain yang kerap terjadi pada alocasia adalah munculnya bakteri Xanthamonas.

Tanda-tanda tanaman alocasia yang terjangkit penyakit biasanya adalah munculnya bintik hitam atau cokelat tua. Bintik-bintik tersebut pun kerap dilingkupi oleh lingkaran kekuningan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi tanaman hias alocasia. PEXELS/HUY PHAN Ilustrasi tanaman hias alocasia.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.