Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 07:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi  kuno dari China yang digunakan untuk mengoptimalkan aliran energi di rumah Anda.

Salah satunya adalah unsur air yang berkaitan dengan kekayaan, kebijaksanaan, dan jejaring sosial. Hal ini menjadi alasan mengapa kamar mandi menjadi area yang harus diperhatikan ketika berhubungan dengan feng shui.

Dilansir dari The Spruce, Senin (1/3/2021), kamar mandi modern bisa sangat kontras dengan apa yang ada ketika feng shui dikembangkan di China kuno. Bisa dibayangkan jika dahulu kamar mandi adalah tempat yang tidak menyenangkan.

Baca juga: Tips Meletakkan Tanaman Giok Menurut Feng Shui untuk Keberuntungan

Kamar mandi mendapat reputasi buruk karena elemen air (atau arus kas) dapat dialirkan ke saluran pembuangan.

Saat ini, kamar mandi kontemporer adalah ruangan untuk beristirahat, membersihkan, dan meremajakan.

Kamar mandi bisa menjadi ruang mewah dan mirip spa yang mendukung Anda. Pendekatan feng shui tradisional jelas merupakan sesuatu yang harus dihormati dalam hal feng shui Anda, tetapi kami juga dapat memperbarui kebijaksanaan ini untuk beradaptasi dengan kehidupan modern.

Berikut beberapa tip sederhana untuk membuat feng shui yang bagus di kamar mandi Anda.

Baca juga: Panduan Feng Shui Meletakkan Akuarium Ikan di Dalam Hunian

1. Hemat air

Feng shui adalah desain hijau asli karena merupakan filosofi yang menghubungkan rumah kita dengan lingkungan dan alam kita. Pada tingkat yang paling dasar, menghemat air yang Anda gunakan di kamar mandi dengan cermat akan menghasilkan energi yang baik.

Untuk melakukan penghematan energi ini, mulai perbaiki kebocoran dan kerusakan pada keran air yang menyebabkan kebocoran dan keborosan dalam menggunakan air.

2. Tutup toilet

Toilet berfungsi untuk membersihkan limbah dan air. Ini adalah salah satu area yang perlu diperhatikan sehubungan dengan feng shui. Untuk mengurangi hilangnya sumber daya, tutuplah dudukan toilet saat tidak digunakan.

Sebagai bonus, kebiasaan sederhana ini mengurangi kelembapan dan kelembapan di kamar mandi yang meminimalkan jamur dan lumut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com