Kompas.com - 28/02/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi kucing bermain benang. PIXABAY/MA-XIAO-TAOIlustrasi kucing bermain benang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing suka bermain dengan benda-benda kecil yang bisa mereka mainkan dengan cakarnya, tidak terkecuali benang atau tali.

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa benang dan tali dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada kucing. Dengan demikian, penting untuk memahami risikonya serta mencari beberapa mainan alternatif untuk kucing peliharaan.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (28/2/2021), berikut alasan mengapa kucing tidak boleh bermain benang dan tali.

Baca juga: Cara Menjaga Kucing Menjauh dari Jalanan yang Ramai Kendaraan

Kekhawatiran jika kucing bermain dengan benang dan tali

Berikut beberapa risiko yang terjadi apabila kucing peliharaan bermain dengan benang dan tali. Risiko tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan kucing.

1. Tersedak

Mengunyah benang bisa menarik bagi beberapa kucing. Ini mengkhawatirkan, karena benda seperti benang dapat menyebabkan kucing tersedak jika ada bagian yang tersangkut di belakang mulutnya atau terhirup.

Jika kucing tersedak benang, potongannya harus segera dicabut atau dilepas.

2. Benda asing

Jika kucing menelan benang, benang akan masuk ke saluran pencernaan. Benang dan benda lain yang tidak boleh dimakan disebut sebagai benda asing saat berada di dalam kucing Anda.

Baca juga: 8 Macam Suara Kucing dan Artinya

Beberapa benda asing akan dimuntahkan atau melewati dan keluar dari tubuh saat kucing buang air, tetapi benda lain tersangkut dan menyebabkan halangan atau masalah lain, seperti pada anjing.

3. Obstruksi

Obstruksi sangat serius, dan pembedahan seringkali diperlukan untuk mengangkat objek. Benang bisa menjadi sangat bermasalah karena potongan panjang bisa menempel atau elingkar di sekitar lidah, misalnya, dan terulur melalui saluran pencernaan di mana hal itu disebut benda asing linier.

Saat lambung dan usus mencoba untuk memindahkan makanan melalui gerak peristaltik (kontraksi ritmik), benang dapat memotong dinding usus yang mengakibatkan infeksi perut yang berpotensi fatal.

4. Terjerat atau terbelit

Benang bisa menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga bisa terpuntir dan kusut di sekitar kaki, kaki, atau ekor kucing. Jika kucing Anda terbelit benang, suplai darah bisa terputus dari bagian tubuh itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X