Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2021, 17:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tanaman pada umumnya, bagi kamu yang merawat tanaman aglaonema atau aglonema, kamu harus menyiramnya dengan air untuk memastikan keberlangsungan hidup aglonema milikmu.

Namun, proses penyiraman tanaman aglonema yang kamu miliki tidak bisa sembarang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aglonema yang susah payah kamu rawat bisa tumbuh dengan baik.

Jika penyiraman aglonema yang kamu miliki caranya salah, itu akan berdampak buruk bagi aglonema, seperti akar busuk, aglonema menjadi stres dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam Aglonema yang Steril dari Jamur dan Serangga

Saat kamu salah menyiramnya, kamu malah bisa membuang-buang nutrisi atau unsur hara di dalam tanah yang dibutuhkan aglonema, sehingga aglonema milikmu bukan bertambah sehat malah menjadi sakit.

Dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Rabu (17/2/2021), berikut ini cara menyiram tanaman aglonema dengan benar.

1. Lakukan penyiraman di pagi atau malam hari

Penyiraman tanaman aglonema yang kamu miliki bisa dilakukan di pagi hari atau bisa juga di malam hari.

Jangan menyiram aglonema ketika cuaca sudah panas, karena aglonema bisa stres kalau kamu siram di siang hari atau di cuaca sudah panas, sehingga aglonema bisa menjadi sakit.

Baca juga: Basmi Kutu Putih pada Aglonema dengan 2 Bahan Ini

2. Jangan siram dengan banyak air

Ketika menyiram aglonema, kamu tidak perlu menyiramnya dengan terlalu banyak air, cukup sedikit-sedikit saja, yang terpenting, kamu rutin melakukannya, bisa 2 hari sekali atau 3 hari sekali.

Saat menyiram tanaman aglonema, kamu tidak perlu sampai membuat banjir di bagian bawah pot. Buat mereka basah sewajarnya.

Saat kamu menyiram aglonema, itu berguna agar aglonema yang kamu miliki mendapat cukup air dan juga bisa menyerap unsur hara di dalam tanah melalui air yang diberikan.

Saat kamu menyiramnya terlalu banyak airnya sampai membuat banjir di bawah pot, hal itu malah membuang-buang unsur hara yang ada di dalam media tanah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com