Kompas.com - 01/02/2021, 15:58 WIB
Ilustrasi tanaman aglonema. SHUTTERSTOCK/PRAPAIlustrasi tanaman aglonema.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain penyiraman dan pemberian pupuk, tanaman juga harus dikontrol agar terbebas dari segala jenis hama agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Berbagai hama, seperti kutu putih yang sering terdapat di tanaman aglonema dapat menggangu pertumbuhan tanaman karena mengambil nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh, serta menghalangi papar sinar matahari yang seharusnya didapatkan oleh tanaman.

Mengutip kanal Youtube Taman Inspirasi, Senin (1/2/2021), kutu putih memiliki lapisan lilin yang berfungsi melindungi tubuhnya dari paparan sinar matahari, sehingga kutu putih tidak tahan dengan paparan sinar matahari.

Baca juga: Ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Aglonema

Air deterjen dan larutan puntung rokok

Untuk membasmi kutu putih ini, dibutuhkan beberapa bahan yakni deterjen cair yang dilarutkan ke dalam air 500 ml, spons, dan campuran air larutan puntung rokok. Untuk membuat air larutan puntung rokok, Anda hanya perlu merendamnya selama 1 malam.

Setelahnya campurkan air puntung rokok dengan air deterjen dengan perbandingan 250 ml (air puntung rokok) : 500 ml (air sabun cuci). Jika sudah tercampur, bersihkan daun yang terkena kutu putih dengan cara menggosokan air campuran tersebut dengan spons.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan spons ini dianjurkan karena memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak merusak daun.

Setelah dibersihkan dengan campuran air sabun dan puntung rokok, diamkan selama 30 menit dan semprot dengan air bersih untuk menghilangkan residu dari hama dan juga sabun cuci.

Baca juga: Kenapa Daun Aglonema Layu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mempercepat matinya kutu putih

Sebenarnya dengan menggunakan larutan sabun cuci saja sudah bisa mematikan kutu putih, namun dengan menambahkan air puntung rokok bisa mempercepat matinya kutu putih dari tanaman.

Jika tanaman yang terkena kutu putih dalam jumlah banyak, cara paling efektif untuk membasminya adalah dengan mencampurkan air sabun dan air campuran puntung rokok dengan tekanan yang tinggi agar kutu putih bisa langsung hilang.

Biasanya dengan tekanan besar, bisa mematikan kutu putih tersebut, setelahnya bisa membersihkannya dengan air bersih.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.