Kompas.com - 17/02/2021, 13:44 WIB
Ilustrasi kipas angin. SHUTTERSTOCK/ROLLING STONESIlustrasi kipas angin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa mendapatkan kesejukan atau menghindari gerah dan panas pada sebuah ruangan, kipas angin merupakan salah satu solusi akan hal tersebut.

Bagi sebagian orang, kipas angin dianggap menjadi pilihan terbaik untuk memberikan efek sejuk yang lebih murah dan hemat energi jika dibandingkan pendingin udara atau AC.

Saat ini, terdapat beberapa pilihan kipas angin yang dijual di pasaran, umumnya yaitu kipas angin berdiri (standing fan) dan kipas angin gantung (ceiling fan).

Baca juga: Kipas Angin Gantung Bergetar? Periksa Hal Ini

Dari dua jenis kipas angin tersebut, mungkin tidak sedikit dari kamu menanyakan apa keunggulan dan kekurangan masing-masing kipas tersebut, sehingga kamu nanti bisa memilih kipas angin yang menurutmu paling baik untuk dibeli.

Dilansir beberapa sumber, Rabu (17/2/2021), pada artikel ini akan dibahas mengenai kekurangan dan kelebihan kipas angin berdiri dengan kipas angin gantung yang perlu kamu ketahui.

1. Konsumsi energi

Menjadi lebih hijau dan ramah lingkungan adalah konsep besar akhir-akhir ini, tetapi menghemat energi juga merupakan tindakan kebaikan yang sangat besar untuk dompetmu.

Kipas angin berdiri umumnya mengonsumsi listrik lebih sedikit daripada kipas angin gantung. Namun, berkat kemajuan teknologi, sekarang ada kipas angin gantung di pasaran dengan fitur hemat energi juga.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung yang Goyang dan Berisik

Jika aspek perbedaan konsumsi energi antara kedua kipas angin ini agak kamu abaikan , ada fitur lain yang perlu diperhatikan untuk membantumu untuk memutuskan kipas angin mana yang akan perlu kamu dapatkan.

2. Pemeliharaan

Membersihkan kipas angin berdiri tidak membutuhkan pekerjaan yang intens untuk mengangkat leher ke atas seperti membersihkan kipas angin gantung.

Tapi, saat membersihkan kipas angin berdiri, kamu harus membuka penutup jaring-jaring besinya untuk menyeka bilahnya, yang mana ini bisa menjadi pekerjaan rumah.

Secara keseluruhan, ini bergantung kepada seberapa rumit menurut dirimu dalam membersihkan kipas angin berdiri dan kipas angin gantung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X