Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2020, 16:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglaonema atau biasa disebut aglonema merupakan salah satu tanaman hias favorit yang banyak diburu para pecinta tanaman hias di Indonesia.

Aglonema sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari kata "aglaos" dan "nema" atau "nematos" yang artinya terang atau mengilap.

Aglonema masih satu famili dengan talas-talasan atau aracaeae, serta kerabat dekat dengan spathipyllum dan philodendron. Di Indonesia, tanaman ini kerap disebut sri rezeki yang artinya pembawa rezeki.

Baca juga: Mengenal Aglonema, Tanaman Cantik yang Dianggap Pembawa Rezeki

Aglonema sendiri memiliki begitu banyak jenis, namun kali ini akan dirangkum beberapa jenis aglonema populer sepanjang 2020, dilansir dari beragam sumber, Selasa, (15/12/2020).

1. Aglonema red kochin

Aglonema red kochin memiliki nama lain yaitu aglonema kochin super atau super red kochin. Warna daun aglonema jenis ini berwarna merah tua, namun tepi daunnya berwarna hijau gelap.

Aglonema red kochin memiliki bentuk tangkai panjang dan daun yang menjuntai. Red kochin digemari karena warna merah cerah yang dimilikinya.

2. Aglonema claudia

Tanaman aglonema jenis ini memiliki warna daun yang unik, yaitu hijau pucat. Daunnya juga ada yang berwarna hijau kekuningan yang pucat.

Baca juga: 9 Jenis Aglonema dengan Corak Daun yang Cantik

Daun yang dimiliki aglonema claudia tersusun rapi dan teratur pada batang tanaman. Daunnya berbentuk menyirip dengan komposisi daun yang sangat teratur.

3. Aglonema bidadari

Aglonema bidadari memiliki beberapa perpaduan warna diantaranya warna kuning Jingga merah muda dan hijau pada setiap bagian daunnya

Pada bagian tangkai aglonema bidadari, terdapat bercak merah muda dan hijau sehingga membuat tanaman ini semakin indah dilihat.

4. Aglaonema pride of Sumatra atau red sumatra

Seperti masyarakat Sumatera yang memiliki ciri khas, aglaonema pride of Sumatra juga memiliki ciri khas yang mencolok. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com