Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Tips Merawat Tanaman di dalam Ruangan Selama Musim Hujan

Kompas.com - 29/01/2021, 11:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sering dianggap sebagian orang sebagai waktu yang kurang bersahabat untuk urusan menanam atau merawat tanaman di rumah.

Padahal, musim hujan adalah waktu terbaik untuk menanam, karena suhu dan kelembapan yang rendah. Mereka memberikan potensi pertumbuhan ke akarnya.

Tanaman dalam ruangan milikmu dapat menyerap kelembapan di udara dan menghilangkan kelebihan sinar matahari yang mereka miliki di musim panas.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Termahal, Ada yang Tembus Rp 18 Miliar

Meski begitu, kamu juga perlu merawat tanamanmu secara khusus selama musim hujan di tahun ini. Dari penyiraman hingga pemupukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jadi, berikut ini adalah beberapa tips tertentu yang akan membantumu menyelamatkan tanaman dalam ruangan milikmu saat musim hujan, dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (29/1/2021).

Bagaimana cara merawat tanaman dalam ruangan di musim hujan?

1. Periksa kondisi pot

Sebelum menyiramnya, pastikan untuk memeriksa potnya. Selama musim hujan, mereka membutuhkan sedikit air. Terlalu banyak air dapat merusak akar.

2. Hindari menyiram tanaman sore hari

Selama musim hujan, jangan pernah menyiram tanaman setelah jam 3 sore, karena kelembapannya sudah cukup sehingga tidak perlu berlebihan.

Baca juga: Simak, Cara Terbaik Menyiram Tanaman agar Tidak Mati

3. Periksa drainase pot

Penting untuk memeriksa drainase pot pada tanaman di musim hujan. Pastikan sistem drainase pot sudah benar, karena tidak boleh ada air yang tergenang agar tidak menyebabkan akar membusuk.

4. Lihat ada cacing atau tidak

Tanaman rentan terhadap cacing selama musim hujan. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tempat tinggal tanaman secara teratur apakah ada infeksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com