Cara Merawat Tanaman Sirih Gading agar Tumbuh dengan Baik

Kompas.com - 22/01/2021, 14:26 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. SHUTTERSTOCK/USMEEIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias yang semakin populer untuk dikoleksi pecinta tanaman hias dalam beberapa waktu ke belakang.

Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan merambat semi-epifit alias menumpang dengan tumbuhan yang lain.

Nama ilmiah sirih gading adalah Epipremnum auerum, yang termasuk ke dalam suku talas-talasan.

Baca juga: Menanam Pothos atau Sirih Gading Tanpa Air? Begini Caranya

Ciri-ciri dari tanaman sirih gading yaitu memiliki daun yang berwarna hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Bentuk daunnya seperti bentuk hati.

Sirih gading dianggap oleh banyak orang sebagai cara yang bagus untuk mulai merawat tanaman hias, karena perawatannya mudah dan tidak menuntut.

Tanaman cantik ini adalah cara mudah untuk menambahkan unsur warna hijau alami sekaligus dekorasi di rumahmu.

Bagi kamu yang tertarik mengoleksi sirih gading namun bingung untuk merawatnya, berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, dilansir beberapa sumber, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Simak, Cara Mudah Memperbanyak Sirih Gading

Pencahayaan

Perawatan dasar sirih gading sangat mudah. Tanaman ini sangat menikmati lingkungan yang luas.

Sirih gading dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya tidak langsung yang terang maupun cahaya redup dan dapat tumbuh di tanah kering atau dalam vas air.

Mereka akan tumbuh subur sempurna di tanah yang kaya nutrisi, tetapi juga bisa tetap tumbuh subur di tanah yang miskin nutrisi.

Sirih gading menjadi tambahan yang bagus untuk diletakkan di kamar mandi atau ruang tamu, karena mereka dapat mentolerir cahaya redup.

Akan tetapi, meskipun sirih gading menyukai berbagai kondisi cahaya, mereka tidak tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X