Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arang hingga Cuka, Bahan Ini Bisa Usir Bau Tak Sedap di Lemari

Kompas.com - 03/01/2021, 08:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang menyimpan pakaian di dalam lemari dapat menimbulkan bau tak sedap bahkan setelah diletakkan pewangi aroma yang ditimbulkan terlalu berlebih dan menyengat.

Selain itu, pewangi buatan yang diletakkan di lemari dapat merusak kain dalam jangka panjang.

Dilansir dari Livspace, Minggu (3/1/2021), ada beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dari lemari sebagai berikut.

Baca juga: Bau Tak Sedap Tertinggal di Dapur? Ini Cara Mengatasinya

1. Cuka

Untuk menghilangkan bau tak sedap dari lemari, buat larutan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama lalu semprotkan ke bagian dalam lemari dan laci.

Larutan ini bisa disemprotkan langsung ke pakaian namun tidak semua kain dapat disemprotkan dengan cairan ini. Selalu lakukan uji tempel sebelum menyemprotkan ke pakaiannya.

2. Baking soda

Tempatkan beberapa sendok baking soda di wadah lalu masukkan ke dalam lemari, bisa bekerja baik dalam menjaga bau apak dari lemari pakaian.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi dapat menetralkan bau apak secara instan, menjadikannya cara sempurna untuk menjaga lemari pakaian tetap segar. Tempatkan kopi yang baru digiling ke dalam wadah dan simpan di sudut lemari pakaian.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Membasmi Nyamuk di Halaman Rumah, Apa Iya?

Anda juga dapat menggantungnya di dalam kantong, selama bubuk kopinya tidak terlalu halus untuk keluar melalui lubang dan jatuh ke pakaian.

4. Arang

Tempatkan satu blok arang aktif dalam wadah terbuka atau kantong kain dan simpan di lemari pakaian Anda. Arang aktif dapat menyerap bau di lemari pakaian, dan membuatnya tetap segar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com