Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Cuka dan Baking Soda Ampuh Bersihkan Berbagai Benda di Rumah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tips membersihkan rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah ada di dapur. Ini termasuk baking soda atau soda kue dan cuka.

Namun demikian, mengapa barang-barang rumah tangga ini adalah bahan pembersih yang efektif? Jawabannya cukup mendasar, soda kue dan cuka terletak di ujung yang berlawanan dari skala pH.

"Ketika Anda membersihkan menggunakan soda kue atau cuka, Anda sebenarnya melakukan manipulasi molekul yang sangat rumit," kata May Nyman, profesor di departemen kimia di Oregon State University seperti dilansir Live Science, Senin (20/6/2022).

Soda kue adalah nama umum untuk natrium bikarbonat (NaHCO3). Kebanyakan orang mungkin mengasosiasikannya dengan memasak, karena membuat kue dan roti Anda besar dan bengkak.

Adapun cuka adalah larutan encer asam asetat (HC2H3O2), yang diproduksi oleh bakteri selama fermentasi.

"Soda kue adalah kebalikan dari cuka. Ini keras seperti cuka tetapi melarutkan bahan organik," jelas Nyman.

"Seperti cuka, itu tidak dapat membahayakan Anda dan tidak akan berbahaya saat membersihkan tempat di mana Anda menyimpan makanan Anda," imbuh dia.

Kedua bahan dapur tersebut merupakan bahan pembersih yang efektif karena ditemukan pada sisi skala pH yang berlawanan. pH adalah ukuran seberapa asam atau basa suatu zat, dalam skala dari 1 (sangat asam) hingga 14 (sangat basa), dengan nilai netral pada 7.

Adapun air murni memiliki pH 7. Baking soda memiliki pH 9, sedangkan cuka memiliki pH 2, menurut Survei Geologi AS.


Sebagai bahan dasar, soda kue melarutkan senyawa organik seperti kotoran, minyak, dan bahan lengket lainnya. Selain itu, struktur mineral dari setiap partikel soda kue memberikan abrasif yang lembut untuk dibersihkan tanpa meninggalkan goresan.

Sebagai bahan asam, cuka memecah mineral yang terbentuk dari air keran yang keras, membentuk noda yang tidak sedap dipandang pada bak cuci piring, dan meja dapur. 

Menggabungkan dua bahan rumah tangga ini dapat menghasilkan hasil yang luar biasa di dapur, tetapi penting untuk tidak menggabungkannya dalam jumlah yang sama karena Anda perlu menjaga campuran di sisi asam atau basa dari nilai netral.

Ketika soda kue dicampur dengan cuka, asam akan memecah soda kue, melepaskan gas karbon dioksida yang dapat membantu mengangkat kotoran dari permukaan yang sedang dibersihkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/20/111400876/mengapa-cuka-dan-baking-soda-ampuh-bersihkan-berbagai-benda-di-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke