Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Metode Menyiram Tanaman Saat Ditinggal Bepergian untuk Waktu Lama

Sebab, tanaman membutuhkan air untuk tetap terhidrasi dan hidup ketika ditinggal bepergian lama. Namun, saat bepergian, jadwal penyiraman tanaman menjadi terhenti.

Namun, dilansir dari Cnet, Minggu (17/4/2022), Anda masih bisa menyiram tanaman yang membutuhkan penyiraman setiap hari seperti tanaman herbal, sayuran, dan beberapa tanaman hias lainnya dengan metode berikut ini.  

Cara membuatnya adalah potong seutas tali kapas berukuran cukup panjang agar pas di antara bagian bawah wadah air dan ke dalam tanah tanaman.

Ambil salah satu ujung tali dan dorong beberapa sentimeter di bawah permukaan tanah, dekat dengan tanaman. Berhati-hatilah agar tidak mengganggu akarnya.

Letakkan ujung tali yang lain di dasar wadah air dan isi dengan air. Pastikan tali menyentuh bagian bawah wadah. Tali kapas perlahan-lahan akan memberikan air dari wadah ke dalam pot serta menjaga tingkat kelembapan tanah yang konstan.  

Metode sistem tetesan DIY

Anda mungkin pernah melihat bola kaca yang ditempelkan ke dalam pot untuk menyiram tanaman. Tidak perlu membelinya karena Anda dapat dengan mudah membuat versi sendiri.

Caranya, mulailah dengan botol plastik bersih dan kosong. Untuk wadah kecil hingga sedang, botol air akan berfungsi dengan baik. Bor beberapa lubang drainase ke dalam botol di dekat bagian atas. 

Sebelum pergi berlibur, sirami tanaman seperti biasa. Isi botol plastik dengan air, lalu balikkan dengan cepat, dan celupkan ke dalam beberapa sentimeter pertama tanah di dalam pot.

Pastikan botol tidak terlalu dekat dengan tanaman dan botol cukup dalam sehingga tanah menutupi lubang. Air secara perlahan akan keluar dari botol saat tanah mengering.

Untuk pot yang lebih besar, gunakan botol lebih besar. Isi botol, letakkan ibu jari Anda di atas lubang sebelum membaliknya, dan memasukkannya ke dalam tanah. 

Letakkam tanaman pot di wastafel dan tinggalkan di sana saat Anda pergi. Tanah akan menarik air ke akar menjaga tanaman terhidrasi hingga satu minggu.

Perhatikan kondisi pencahayaan di dekat wastafel atau bak mandi. Jika tanaman membutuhkan banyak sinar matahari, jangan simpan di kamar mandi gelap. 

Siapkan kantong plastik bening berukuran cukup besar untuk menutupi tanaman dan potnya. Tambahkan pasak ke pot untuk mencegah tas menempel pada tanaman.

Beberapa orang mengatakan bahwa tas itu sama sekali tidak boleh menyentuh daun, tetapi sedikit kontak tidak masalah. 

Siram tanaman seperti biasa dan pastikan tidak terlalu jenuh. Tempatkan tanaman ke dalam tas serta tarik tas ke atas dan sekitar tanaman. 

Tiup sedikit udara ke dalam kantong sebelum menutupnya untuk membantu kantong menggembung di sekitar tanaman. Ini hanya jaminan lebih bahwa tas tidak akan menekan daun.

Biarkan tanaman di area dengan cahaya tidak langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat kantong menjadi panas dan kemungkinan membunuh tanaman.

Rumah kaca mini ini akan menangkap air saat menguap serta meneteskannya kembali ke tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/17/221400676/4-metode-menyiram-tanaman-saat-ditinggal-bepergian-untuk-waktu-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke