Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggantung Cermin di Dinding

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin adalah salah satu elemen dekorasi rumah yang banyak dipilih oleh pemilik rumah. Cermin yang tepat dapat meningkatkan dekorasi di sebuah ruangan. 

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (25/12/2021), cermin memantulkan objek dan sumber cahaya di sekitarnya, memperbesar dan mengintensifkan dampaknya. Oleh karena itu, menggantung cermin dengan benar sangat penting, terutama dalam konteks seluruh area ruangan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggantung cermin di dinding, berikut penjelasannya.

1. Pertimbangkan pantulan cermin

Cermin tidak hanya mencerminkan Anda, kata Amy Studebaker dari Amy Studebaker Design. Dengan demikian, jangan lupakan objek lain yang mungkin berada dalam cakupannya di lokasi tertentu.

"Misalnya, jika TV berada tepat di seberang cermin, Anda mungkin ingin memindahkannya ke lokasi baru. Itu bukan refleksi yang paling estetis," kata Studebaker.

2. Pikirkan tentang benda yang ingin Anda tampilkan

Cermin berfungsi ganda sebagai bagian dekorasi dan jika Anda menggantungnya di tempat yang tepat, Anda mungkin mendapatkan pantulan yang lebih baik daripada milik Anda sendiri, menurut Studebaker.

Letakkan cermin di seberang karya seni favorit Anda atau di area yang akan menangkap cahaya dari jendela dan memantulkannya ke sekeliling ruangan. 

Di sisi lain, jika Anda ingin menghindari sketsa atau objek tertentu, periksa sudutnya. Kaca reflektif paling banyak menguatkan benda-benda di seberangnya.

Dengan demikian, semakin besar sudut antara cermin dan bagian yang ingin Anda hindari, semakin kecil kemungkinan Anda akan melihatnya terpantul.

3. Ciptakan efek dramatis atau tampilan ruangan yang lebih besar

Studebaker mengatakan, dia suka menggunakan cermin yang tinggi dan besar untuk membuat langit-langit tampak lebih tinggi.

"Saat menempatkan cermin, ukur jarak antara bagian atas furnitur yang akan digantung di dekat atau di atas dan langit-langit. Saya kemudian akan menemukan opsi yang mengisi sebagian besar ruang itu," sebut dia.

4. Tetapkan prioritas

Cermin harus berfungsi seperti yang Anda inginkan. Jika Anda ingin dapat melihat seluruh pakaian sebelum berjalan keluar pintu, pilih opsi cermin panjang penuh dan letakkan di tempat dengan cahaya alami yang bagus.

Untuk memastikan tubuh Anda pas dengan wajah, ukur tinggi badan, bagi menjadi dua, lalu beli cermin yang tingginya setidaknya setinggi itu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/25/220800576/4-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-menggantung-cermin-di-dinding

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke