Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Justru Bisa Buat Rumah Jadi Tampak Berantakan

JAKARTA, KOMPAS.com--Rumah yang tampak rapi dan nyaman tentu menjadi idaman banyak orang. Untuk mewujudkan hal itu, kita sering membersihkan dan menata kembali rumah. 

Namun jika kamu sudah rajin membersihkan namun rumah masih tetap terlihat berantakan, mungkin ada yang salah dengan dekorasi ruanganmu.

Pasalnya, beberapa kesalahan dekorasi justru bisa membuat rumah tampak semakin berantakan. Berikut adalah beberapa kesalahan dekorasi yang bisa membuat rumah tampak semakin berantakan seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (27/7/2021).

1. Menggunakan rak terbuka

Rak terbuka adalah tempat yang tepat untuk menyimpan buku dan memajang barang koleksi atau karya seni, tetapi rak ini justru akan membuat rumah tampak berantakan ketika isinya terlalu penuh. 

Saat mendekorasi rak buku atau rak built-in, jangan memenuhi setiap inci ruang dengan buku dan aksesori. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih, atur letak dari buku atau aksesori yang kamu letakkan dan sisakan ruang kosong.

Kamu juga harus menghindari penggunaan penyimpanan terbuka untuk meletakkan barang-barang elektronik dan kabel atau untuk meletakakan game konsol, pemutar film, dan mainan.

Barang-barang ini sebaiknya disimpan di dalam lemari, kotak, atau keranjang untuk efek yang tidak terlalu berantakan.

2. Terlalu banyak warna

Dekorasi dengan terlalu banyak warna juga bisa membuat rumah menjadi berantakan. Gunakan satu atau dua warna yang dikombinasikan dengan warna-warna netral untuk memberi rumah tampilan yang kohesif dan santai.

Untuk itu, pilihlah warna-warna pastel dan usahakan tak melibatkan banyak warna pada satu ruangan sekaligus.

3. Terlalu banyak bantal beraksen


 

Hindari tampilan yang serampangan dan tidak rapi dengan membatasi jumlah aksen bantal di sofa atau tempat tidur.

Buatlah ruang tamu terlihat serasi dan rapi dengan tidak meletakkan terlalu banyak bantal pada sofa.

Dua atau tiga bantal aksen di setiap ujung sofa biasanya merupakan jumlah yang tepat untuk mendekorasi ruangan dengan warna dan corak yang indah.

4. Furnitur terlalu mepet pada dinding

Meletakkan semua furnitur ke dinding akan membuat ruangan terlihat berantakan. Solusinya? Tarik furnitur agar bisa sedikit dari dinding dan mengarah ke tengah ruangan.

Terlalu banyak aksen dekoratif pada permukaan meja akan membuat ruangan terlihat berantakan. Sebagai gantinya, kurangi jumlah aksesori, lalu hiasi meja dengan satu atau dua


item saja.

Misalnya, vas dengan bunga atau hiasan patung seni.

6. Menggantung gambar di dinding secara acak

Gambar dan seni dinding yang digantung dengan gaya sembarangan di dinding menciptakan tampilan yang terkesan berantakan.

Untuk menghindari kesan itu, kelompokkan foto dalam penataan dinding galeri untuk membuat ruangan tampak lebih tertata dan seimbang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/27/225733176/6-hal-yang-justru-bisa-buat-rumah-jadi-tampak-berantakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke