Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Israel di Suriah, 2 Anggota Hezbollah Tewas

Kompas.com - 25/02/2024, 19:15 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Israel menyerang sebuah truk di Suriah dekat perbatasan Lebanon pada Minggu (25/2/2024) pagi. Dilaporkan dua anggota Hezbollah tewas.

"Israel menyerang truk sipil dengan rudal di dekat perbatasan Suriah-Lebanon," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dalam sebuah laporan, dikutip dari AFP.

Akibat dari serangan itu menyebabkan kematian sedikitnya dua anggota Hezbollah," terang Observatorium yang berbasis di Inggris, yang mengandalkan jaringan sumber di Suriah.

Baca juga: Tentara Israel Bunuh Komandan Hezbollah dalam Serangan di Lebanon

Hezbollah kemudian mengumumkan dalam pernyataannya bahwa dua anggotanya tewas dalam perjalanan menuju Yerusalem.

Media pemerintah Suriah tidak melaporkan mengenai serangan tersebut.

Sejak perang saudara di Suriah dimulai pada 2011 setelah pemberontakan melawan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di Suriah, terutama terhadap pasukan pro-Iran, di antaranya Hezbollah dan tentara Suriah.

Apalagi serangan semakin meningkat di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza antara Israel dan kelompok Hamas.

Sejak dimulainya perang di Gaza pada 7 Oktober 2023, Hezbollah telah mengumumkan kematian 16 anggotanya akibat serangan Israel di Suriah.

Sementara militer Israel mengumumkan pada 3 Februari 2024 bahwa mereka telah menyerang, dari darat dan udara, di lebih dari 50 sasaran Hezbollah yang tersebar di seluruh Suriah.

Baca juga: Hezbollah Tembakkan 62 Roket ke Pangkalan Militer Israel

Israel jarang mengomentari serangan individu namun berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan Iran memperluas kehadirannya di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com