Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Tetap Produktif di Usia 97, Ternyata Ini Profesinya

Kompas.com - 25/02/2024, 17:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Sky News

KOMPAS.com - Siapa sangka, pria berusia 97 tahun ini tetap produktif dalam menggeluti pekerjaannya. Bahkan dia harus rela merangkak di rerumputan yang basah.

Ternyata, David Attenborough (97) adalah seorang naturalis (sejarawan alam) atau orang yang mempelajari alam, seperti hewan dan tumbuhan.

Selain itu, David juga seorang penyiar terkenal di dunia asal Inggris yang suka mengeksplorasi cara hewan mendengar dan menghasilkan suara.

Baca juga: Inggris Kirim Bantuan ke Gaza Melalui Udara, Ada Makanan-Bahan Bakar

Ia menggunakan teknologi mutakhir untuk merekam suara dari alam, beberapa diantaranya terekam dalam film untuk pertama kalinya.

Untuk proyek Sky Nature terbarunya, Secret World Of Sound, David terlibat di dalamnya.

Kolaborator lama David, dan produser serial acara tersebut, Sharmila Choudhury mengatakan kepada The Climate Show, bahwa David menetapkan standar yang sangat tinggi. Dan itu adalah hal yang baik.

"Saya pikir dia masih bekerja lebih keras daripada kebanyakan dari kita, biasanya tujuh hari seminggu. Ketika dia berkomitmen pada sesuatu, dia memberikannya 100 persen," katanya dikutip dari laman Sky News pada Minggu (25/2/2024).

Ketika bergabung dengan tim pembuatan film di Lembah Wye di Monmouth untuk mengabadikan nyanyian gayung liar, ia mendapati David terbaring di tanah lembap sambil berharap burung kecil itu akan muncul.

"Dia merangkak melewati rumput untuk mendapatkan posisi terbaik, dan semuanya ia dapatkan," ujar Choudhury.

Untuk mendukung pekerjaannya, dia menggunakan beberapa teknologi yang canggih atau seperti alat yang digunakan James Bond.

"Kami menggunakan segalanya mulai dari mikrofon terkecil seukuran kuku Anda, yang dapat Anda masukkan ke dalam sarang burung atau sarang lebah," terang Choudhury.

Baca juga: Dulu Ikut Perang Dunia II, Mantan Pilot Ini Meninggal di Usia 103 Tahun

Mereka juga menggunakan hidrofon super sensitif yang dapat dimasukkan ke dalam air untuk merekam, komunikasi paling samar antar ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com