Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Odysseus Mendarat di Bulan, Ini Jepretan Foto Bumi Pertamanya

Kompas.com - 23/02/2024, 09:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Robot Odysseus dari Intuitive Machines mendarat di Bulan sesuai jadwal pada 22 Februari, setelah menyelesaikan pembakaran mesin utama di luar angkasa.

Diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 pada tanggal 15 Februari, misi tersebut dalam keadaan prima saat menuju bulan.

Foto pertama Bumi dari robot itu sempat dibagikan.

Baca juga: Dompet Wanita Ini Tanpa Diduga Ditemukan Setelah 8 Bulan Jatuh di Laut

Dilansir dari Sky News, mesin itu membagikan keberhasilannya, dengan mengirimkan gambar misi IM-1 pertama ke Bumi, menyoroti pencapaian setelah pemisahan dari mesin SpaceX.

Program Commercial Lunar Payload Services (CLPS) menempatkan instrumen lembaga sains di pendarat bulan swasta, seperti Odysseus, untuk mengumpulkan data yang bermanfaat bagi program Artemis NASA.

Odysseus, yang ditugaskan membawa enam eksperimen NASA dan demonstrasi teknologi serta enam muatan pribadi, telah berhasil menjalani pemeriksaan mesin di luar angkasa.

Pengoperasian mesin oksigen metana-cair baru-baru ini, yang menampilkan profil pembakaran utama dan throttle down, menandakan langkah penting menuju upaya pendaratan di bulan yang direncanakan pada 22 Februari.

Jika berhasil, Odysseus akan menciptakan sejarah sebagai pesawat ruang angkasa swasta pertama yang mencapai melakukan pendaratan lunak di bulan.

Terlepas dari tantangan misi tersebut, Odysseus tetap prima dan terus berkomunikasi dengan pengawas misi saat mendekati pendaratan yang direncanakan di bulan.

Baca juga: Warga Malaysia Ramai-ramai Kerja ke Singapura dan Brunei, Bisa Hasilkan Rp 208 Juta Per Bulan

Keberhasilan upaya pendaratan di bulan ini akan mewakili terobosan besar dalam eksplorasi ruang angkasa swasta, mendorong batas-batas yang telah dicapai sejauh ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com