Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 dari 3 Pasutri di Jepang Menikah "Tanpa Berhubungan Seks"

Kompas.com - 19/02/2024, 16:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber nippon.com

TOKYO, KOMPAS.com - Salah satu lembaga survei yang berbasis di Shinjuku Tokyo Jepang melakukan survei terhadap 4.000 orang yang sudah menikah.

Survei itu dilakukan terhadap pasangan menikah yang sudah berusia 20-an, 30-an, 40-an, dan 50-an dengan 500 pria dan wanita setiap kelompok umur.

Hasilnya cukup mengejutkan. Dua dari tiga pasangan suami istri (pasutri) di Jepang yang menikah itu tanpa berhubungan seks.

Baca juga: Jepang Akhirnya Berhasil Luncurkan Roket H3 ke Orbit

Dikutip dari nippon.com pada 24 Januari 2024 yang lalu, hasil survei menunjukkan bahwa 43,9 persen responden yang sudah menikah tetapi "tanpa berhubungan seks".

Sedangkan 24,3 persen pernikahan mereka "hampir tanpa seks". Sementara dengan total 68,2 persen mereka hanya melakukan sedikit atau bahkan tidak melakukan hubungan seksual.

Berdasarkan jenis kelamin dan usia, 51 persen wanita yang sudah menikah di usia dua puluhan tidak melakukan hubungan seksual atau hampir tidak melakukan hubungan seksual.

Persentase ini melonjak menjadi 67,8 persen di antara wanita berusia tiga puluhan tahun.

Hasil lain, persentasenya juga meningkat lebih dari dua kali lipat dari 16,4 persen untuk wanita berusia dua puluhan menjadi 39,2 persen untuk mereka yang berusia tiga puluhan yang pernikahannya sama sekali tidak melakukan hubungan badan.

Baca juga: Jepang Disalip Jerman sebagai Negara Ekonomi Terbesar Ke-3 Dunia

Di antara para pria, persentase mereka yang pernikahannya tanpa seks atau hampir tanpa seks meningkat dari 53,4 persen di antara mereka yang berusia dua puluhan menjadi 71,4 persen untuk mereka yang berusia tiga puluhan.

Sementara persentase pria dalam kelompok usia tersebut dengan pernikahan yang sama sekali tidak berhubungan seks melonjak dari 25,2 persen menjadi 41,8 persen.

Saat ditanya tentang keadaan pernikahan mereka, 66 persen dari pasangan menikah yang tidak melakukan hubungan seks menggambarkan hubungan mereka "baik" atau "cukup baik".

Hal ini dibandingkan dengan 57,2 persen di antara pasangan yang cenderung tidak melakukan hubungan seks.

Meskipun persentasenya sedikit lebih rendah pada pasangan yang tidak melakukan hubungan seks, persentasenya masih relatif tinggi, yaitu hampir 60 persen.

Baca juga: Belajar dari Jepang: Negara Maju yang Menua

Diketahui, seks sering digambarkan sebagai ekspresi tertinggi dari cinta. Namun tampaknya meskipun pasangan berada dalam hubungan tanpa seks, mereka tetap dapat hidup rukun satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nippon.com

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com