Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Putuskan Evakuasi 300 Warga Kota Belgorod, Terbanyak sejak Perang

Kompas.com - 08/01/2024, 14:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia terpaksa mengevakuasi sekitar 300 penduduk Kota Belgorod akibat serangan udara yang dilancarkan oleh Ukraina semakin intensif.

"Sekitar 300 penduduk Belgorod saat ini ditempatkan di pusat-pusat penampungan sementara di Stary Oskol, Gubkin, dan distrik Korochansky yang lebih jauh dari perbatasan," kata Gubernur Wilayah Belgorod Vyacheslav Gladkov dalam sebuah video yang diposting di Telegram pada Senin (8/1/2024).

Menurut dia, selama 24 jam terakhir, pihaknya telah menerima 1.300 permintaan untuk mengirim anak-anak Belgorod ke kamp-kamp sekolah di wilayah lain.

Baca juga: Rusia Akan Ungsikan Warga Belgorod karena Gencar Diserang Ukraina

Sebelumnya, Gladkov pada Jumat (5/1/2024) telah menawarkan kepada penduduk Belgorod untuk mengungsi dari kota yang berjarak kurang dari 32 kilometer dari perbatasan Ukraina tersebut.

Penyebabnya, tidak lain karena kota telah mendapat serangan intensif dari Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Sebagaimana dikutip dari AFP, evakuasi dari Belgorod ini adalah evakuasi penduduk terbanyak dari kota besar Rusia sejak Moskwa memulai apa yang disebutnya sebagai operasi militer khusus di Ukraina pada Februari 2022.

Pada 30 Desember lalu, serangan Ukraina di kota itu menewaskan 25 orang, jumlah korban sipil paling mematikan di Rusia sejak dimulainya permusuhan.

Serangan Ukraina itu menyusul pengeboman besar-besaran oleh Moskwa di seluruh Ukraina, serangan terbesar sejak minggu-minggu pertama konflik, yang menewaskan 30 orang.

Baca juga: Ukraina Kembali Serang Belgorod Rusia, Konflik Makin Memanas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com