Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Sisakan Satu Titik Perbatasan Tetap Buka dengan Rusia

Kompas.com - 23/11/2023, 09:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

HELSINKI, KOMPAS.com - Perdana Menteri Finlandia Petteri Orpo pada Rabu (22/11/2023) mengatakan, negaranya menutup semua kecuali satu titik perbatasan paling utara dengan Rusia.

Sejak awal Agustus 2023, sekitar 700 pencari suaka memasuki Finlandia tanpa visa melalui perbatasan di timur negara itu.

“Pemerintah hari ini memutuskan menutup lebih banyak pos perbatasan. Hanya stasiun Raja-Jooseppi yang akan tetap buka,” kata Orpo dalam konferensi pers, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Rusia Sebut Finlandia Jauhi Hubungan Baik dengan Tutup Perbatasan Kedua Negara

Jumlah migran pencari suaka di perbatasan timur Finlandia melonjak sejak November 2023. Finlandia kemudian menutup separuh dari delapan penyeberangannya ke Rusia.

“Sayangnya, cara ini belum mampu menghentikan fenomena ini,” lanjut Orpo.

Pemerintah Finlandia mengatakan, "Jelas pihak berwenang asing dan aktor-aktor lain memainkan peran memfasilitasi masuknya orang-orang yang melintasi perbatasan ke Finlandia."

“Situasi ini juga melibatkan kejahatan internasional,” imbuh Pemerintah Finlandia.

Sebelumnya pada Oktober 2023, penjaga perbatasan Finlandia memperingatkan adanya perubahan kebijakan Rusia, karena Moskwa mulai mengizinkan migran tanpa dokumen lengkap melintasi perbatasan.

Baca juga:

Kementerian Dalam Negeri Finlandia pada Rabu (22/11/2023) mengatakan, masuknya migran dari Rusia merupakan ancaman serius terhadap keamanan nasional dan ketertiban umum.

“Kami tidak menerima tindakan seperti ini,” ujar Orpo.

Penyeberangan perbatasan akan ditutup mulai Jumat (24/11/2023) sampai 23 Desember 2023.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova membantah tuduhan bahwa Rusia sengaja mendorong migran ke perbatasan Finlandia.

Hubungan Finlandia dengan negara tetangganya di timur itu memburuk setelah invasi Rusia ke Ukraina, sehingga mendorong Finlandia bergabung dengan aliansi NATO yang dipimpin AS pada April 2023.

Baca juga: Finlandia Intensifkan Pembangunan Pagar Perbatasan dengan Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com