Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Intensifkan Pembangunan Pagar Perbatasan dengan Rusia

Kompas.com - 16/04/2023, 07:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

HELSINKI, KOMPAS.com - Pembangunan pagar kawat berduri di sepanjang perbatasan panjang Finlandia dengan Rusia, yang terutama dimaksudkan untuk mengekang migrasi ilegal, telah dimulai di dekat kota tenggara Imatra.

Hal ini dilakukan kurang dari dua minggu setelah negara Nordik itu bergabung dengan NATO sebagai yang ke-31 anggota aliansi militer.

Penjaga Perbatasan Finlandia pada hari Jumat (14/4/2023) memamerkan bangunan bentangan pagar tiga kilometer (1,8 mil) pertama yang akan didirikan di Pelkola dekat titik persimpangan Imatra, sebuah kota tepi danau yang tenang dengan sekitar 25.000 orang.

Baca juga: Finlandia Mulai Bangun Pagar di Perbatasan dengan Rusia

Dilansir dari Associated Press, perbatasan Finlandia sepanjang 1.340 kilometer (832 mil) dengan Rusia adalah yang terpanjang dari semua anggota Uni Eropa.

Pembangunan pagar perbatasan merupakan prakarsa penjaga perbatasan yang disetujui oleh pemerintahan Perdana Menteri Sanna Marin di tengah dukungan politik yang luas tahun lalu.

Tujuan utama pagar baja setinggi tiga meter dengan ekstensi kawat berduri di atasnya adalah untuk mencegah imigrasi ilegal dari Rusia dan memberikan waktu reaksi kepada pihak berwenang, kata pejabat perbatasan Finlandia.

Pada 2015-2016, Moskwa berusaha memengaruhi Finlandia dengan mengorganisir sejumlah besar pencari suaka ke titik-titik perlintasan Finlandia utara di wilayah Arktik Lapland.

Pihak berwenang Rusia terlihat dengan sengaja mengantar ribuan pencari suaka,kebanyakan dari Irak, Afghanistan, dan negara-negara Timur Tengah lainnya, ke titik-titik perbatasan tersebut.

Langkah itu dipandang sebagai unjuk kekuatan oleh Rusia.

Masalah ini diselesaikan ketika Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Arus migran berhenti tak lama kemudian.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-406 Serangan Rusia ke Ukraina: NATO Sambut Finlandia | Polandia Kirim Jet MiG-29

Ini adalah skenario yang ingin dicegah Finlandia, negara berpenduduk 5,5 juta orang yang secara resmi menjadi anggota NATO pada 4 April, agar tidak terulang kembali.

Namun, pejabat perbatasan dengan cepat mengakui bahwa invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu, alasan utama dorongan cepat Finlandia untuk bergabung dengan NATO setelah beberapa dekade ketidaksejajaran militer, yang mendorong pembangunan pagar perbatasan.

“Pagar pembatas perbatasan bukanlah topik politik sebelum perang (di Ukraina). Dan sebenarnya, itu bukan semacam rencana penjaga perbatasan Finlandia,” kata Brigjen Jenderal Jari Tolppanen, kepala divisi teknis di Penjaga Perbatasan Finlandia.

Baca juga: NATO Sambut Hangat Finlandia, Rusia Tak Berhenti Murka

“Semua berubah setelah serangan Rusia melawan Ukraina," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com