Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-632 Serangan Rusia ke Ukraina: Operasi Sungai Dnipro | Biji-bijian Gratis ke Afrika

Kompas.com - 18/11/2023, 14:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-632 pada Jumat (17/11/2023), ditandai dengan operasi Korps Marinir Ukraina di Sungai Dnipro.

Sementara itu, Rusia mengeklaim sedang melakukan pengiriman biji-bijian gratis untuk Afrika.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Rusia Berencana Kirim Kosmonot ke Bulan pada 2031

1. Rusia kirim biji-bijian gratis ke Afrika

Rusia mengeklaim tengah melakukan pengiriman pertama biji-bijian gratis yang dijanjikannya ke Afrika.

"Dua kapal pertama telah meninggalkan pelabuhan Rusia menuju Somalia dan Burkina Faso. Kami memperkirakan keduanya akan tiba pada akhir November hingga awal Desember," kata Menteri Pertanian Rusia Dmitry Patrushev.

Sebagaimana diberitakan kantor berita pemerintah Rusia RIA Novosti dalam forum, Patrushev menyampaikan, kedua kapal Rusia tersebut masing-masing membawa 25.000 ton biji-bijian.

Baca selengkapnya di sini.

2. Armenia gabung ICC pada Februari 2024

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) pada Jumat (17/11/2023) mengumumkan, Armenia secara resmi menyerahkan permintaan untuk bergabung ke pengadilan yang berbasis di Den Haag, Belanda, itu.

Yerevan bulan lalu menandatangani ratifikasi Statuta Roma yang mengakui yurisdiksi ICC.

Armenia mengatakan, langkah ini akan memungkinkan jaksa penuntut ICC menyelidiki dugaan kejahatan yang dilakukan di daerah kantong Nagorno-Karabakh di Azerbaijan yang memisahkan diri.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Buru Hakim ICC yang Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Putin

3. Listrik ke ribuan warga terputus akibat serangan Rusia

Aliran listrik ke ribuan penduduk kota-kota dan desa-desa dekat garis depan Ukraina terputus pada Jumat (17/11/2023) akibat serangan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pekan ini mengatakan kepada wartawan, Rusia kemungkinan menimbun rudal untuk menyerang jaringan listrik Ukraina secara sistematik selama musim dingin.

Kementerian Energi Ukraina menyebutkan, wilayah garis depan Kharkiv dan Donetsk di timur, serta Kherson di selatan paling terdampak pemadaman listrik baru-baru ini.

Baca selengkapnya di sini.

4. Korps Marinir Ukraina operasi di Sungai Dnipro

Korps Marinir Ukraina pada Jumat (17/11/2023) mengatakan, pasukannya melakukan serangkaian serangan di tepi timur Sungai Dnipro yang diduduki Rusia dekat Kota Kherson.

Pekan ini, Rusia untuk kali pertama mengakui pasukan Ukraina sudah merebut kembali beberapa wilayah di tepi sungai Dnipro.

“Pasukan Pertahanan Ukraina melakukan serangkaian operasi yang sukses di tepi kiri Sungai Dnipro, di sepanjang garis depan Kherson,” kata Marinir Ukraina di media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com