Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-631 Perang Rusia ke Ukraina: Rusia Akui Pasukan Ukraina Seberangi Sungai Dnipro | Rudal Rusia Hantam Selydove

Kompas.com - 17/11/2023, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Rusia mengakui bahwa pasukan Ukraina telah menyeberangi Sungai Dnipro ke bagian selatan Kherson.

Hal itu jadi kabar pembuka rangkuman hari ke-631 serangan Rusia ke Ukraina, Kamis (16/11/2023).

Dilansir dari Al Jazeera, berikut kabar selengkapnya.

Baca juga: FSB Rusia Tahan Warga Siberia yang Diduga Membelot ke Ukraina

Pertempuran

- Rusia mengakui bahwa pasukan Ukraina telah menyeberangi Sungai Dnipro ke bagian selatan Kherson yang diduduki Rusia. Vladimir Saldo, gubernur yang ditunjuk Rusia, mengatakan pasukan Ukraina beroperasi dalam kelompok-kelompok kecil yang tersebar di area dari jembatan kereta api di wilayah tersebut ke desa Krynky, dengan jarak sekitar 20 km (12 mil). Rusia telah mengerahkan lebih banyak asetnya ke daerah tersebut.

- Dua orang tewas dan sedikitnya tiga orang lainnya terluka setelah empat rudal Rusia menghantam kota Selydove, sebelah barat laut kota Donetsk yang diduduki Rusia di Ukraina timur. Para pejabat Ukraina mengatakan rudal-rudal tersebut menghantam enam gedung apartemen dan juga sejumlah rumah pribadi.

- Dua petugas penyelamat tewas dan tujuh orang terluka dalam penembakan Rusia di wilayah Zaporizhia. Menteri Dalam Negeri Igor Klymenko mengatakan dua anggota Layanan Darurat Negara tewas setelah Rusia meluncurkan serangan kedua ketika mereka sedang menanggapi serangan pertama. Tidak jelas di mana insiden itu terjadi.

- Sebuah kelompok sipil Ukraina mengatakan telah mengkonfirmasi kematian hampir 25.000 tentara Ukraina sejak Rusia memulai invasi skala penuh pada Februari 2022 dengan menggunakan sumber terbuka. Menulis di jurnal Ukraina Tyzhden, sejarawan Yaroslav Tynchenko dan sukarelawan Herman Shapovalenko mengatakan bahwa proyek Book of Memory milik Shapovalenko telah mengonfirmasi 24.500 kematian dalam pertempuran dan non-tempur dengan menggunakan sumber-sumber terbuka.

- Sebuah blok apartemen yang rusak parah, dengan tumpukan puing-puing di tanah. Ada seorang pria di depan yang sedang menggunakan telepon genggam, dan para pekerja serta sebuah derek di belakangnya.

- Dua orang tewas dan tujuh lainnya terluka setelah sebuah blok apartemen rusak parah akibat serangan rudal Rusia di kota Selydove, Rusia timur.

Baca juga: Serangan Rusia Hantam Berbagai Kota Ukraina Hari Ini

Politik dan Diplomasi

- Para diplomat Uni Eropa mengatakan Komisi Eropa mengusulkan larangan impor berlian dan gas minyak cair dari Rusia, dan juga untuk memperketat penerapan batasan harga minyak Rusia sebagai bagian dari paket sanksi ke-12 terhadap Moskwa. Kesepakatan ini membutuhkan dukungan bulat dari seluruh 27 negara Uni Eropa.

- Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa paket sanksi terhadap Rusia merupakan bagian dari "perang hibrida" yang dilancarkan oleh negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-629 Perang Rusia ke Ukraina: Peningkatan Serangan Rusia | Putin Batasi Liputan Media

- Menteri urusan Eropa Hongaria, Janos Boka mengatakan bahwa periode refleksi dan diskusi strategis mengenai kebijakan Uni Eropa terhadap Ukraina diperlukan. Budapest tidak akan mendukung keputusan-keputusan Uni Eropa untuk memajukan proses aksesi Ukraina atau bantuan lebih lanjut untuk Kyiv hingga hal itu terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com