Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-629 Perang Rusia ke Ukraina: Peningkatan Serangan Rusia | Putin Batasi Liputan Media

Kompas.com - 15/11/2023, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Rusia meningkatkan serangan, begitu klaim Zelensky. Sejumlah wilayah Ukraina kian terancam.

Namun, sokongan Barat masih kuat. Ukraina bisa bertahan lebih lama lagi.

Berikut rangkuman hari ke-629 serangan Rusia ke Ukraina Selasa (14/11/2023), dilansir dari Guardian.

Baca juga: Presiden Ukraina Sebut Rusia Mulai Tingkatkan Serangan Jelang Musim Dingin

- Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan bahwa Rusia meningkatkan serangannya di garis depan. "Militer melaporkan peningkatan jumlah serangan musuh," tulis Zelensky di Telegram pada Selasa, mengatakan bahwa pasukan Rusia menyerang di sekitar Donetsk, Kupiansk, dan Avdiivka.

- Mantan detektif Sergei Khadzhikurbanov, yang dihukum karena perannya dalam pembunuhan jurnalis investigasi Anna Politkovskaya pada tahun 2006, telah diampuni setelah bertempur di Ukraina, kata pengacaranya.

- Vladimir Putin telah menyetujui perubahan pada undang-undang yang mengatur pemilihan presiden dengan menempatkan pembatasan baru pada liputan media.

- Uni Eropa akan gagal memenuhi targetnya untuk memasok Ukraina dengan 1 juta peluru artileri dan rudal Maret mendatang, kata menteri pertahanan Jerman.

- Penembakan Rusia merusak sebuah rumah sakit dan rumah-rumah di kota Kherson, Ukraina selatan, menewaskan tiga orang dan melukai setidaknya 12 orang, kata gubernur setempat Oleksandr Prokudin.

- Xi Jinping dan Joe Biden diperkirakan akan membahas Ukraina, Timur Tengah, hubungan Korea Utara dengan Rusia, Taiwan, hak asasi manusia, dan kecerdasan buatan, dalam sebuah pertemuan.

- Sedikitnya tiga perwira Rusia tewas di kota Melitopol, Ukraina yang dikuasai Moskwa, dalam sebuah ledakan yang menurut intelijen Ukraina merupakan "aksi balas dendam" oleh kelompok-kelompok pemberontak setempat.

Baca juga: Jerman: Uni Eropa Tak Akan Capai Target Kirim 1 Juta Peluru ke Ukraina

- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris yang baru saja diangkat David Cameron membahas konflik Israel-Hamas, hubungan dengan China dan bantuan untuk Ukraina dalam sebuah panggilan telepon, ungkap Departemen Luar Negeri AS.

- Blinken menjanjikan kepada seorang pejabat tinggi Ukraina bahwa dukungan AS yang berkelanjutan termasuk bantuan untuk melewati musim dingin, dengan Rusia diperkirakan akan menyerang infrastruktur Kyiv lagi.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-627 Serangan Rusia ke Ukraina: Bersiap Perang Musim Dingin | Perbatasan Diserang Lagi

- Save Ukraine, sebuah organisasi yang berfokus pada penyelamatan orang-orang yang paling rentan di Ukraina, mengatakan bahwa tim penyelamatnya telah mengevakuasi lebih dari 108.880 orang dari garis depan sejak Rusia melancarkan invasi berskala besar pada Februari 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com