Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Sebut Israel Serang Kamp Pengungsi Gaza Lagi, 45 Orang Tewas

Kompas.com - 05/11/2023, 21:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikelola Hamas pada Minggu (5/11/2023) mengatakan, setidaknya 45 orang tewas dalam serangan Israel di kamp pengungsi Al Maghazi, Gaza tengah.

Israel belum mengonfirmasi serangan tersebut. Juru bicara militer mengatakan, mereka sedang menyelidiki apakah ada pasukan yang beroperasi di wilayah itu saat pemboman terjadi.

Juru bicara Kemenkes Gaza Ashraf Al Qudra awalnya melaporkan 30 kematian.

Baca juga: AS Tolak Desakan Negara-negara Arab untuk Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Hamas melalui aplikasi perpesanan Telegram menyebutkan, Israel membombardir rumah-rumah warga sipil dan mayoritas korban tewas adalah anak-anak serta perempuan.

“Serangan udara Israel menargetkan rumah tetangga saya di kamp Al Maghazi, rumah saya di sebelahnya sebagian roboh,” kata Mohammed Alaloul (37), jurnalis yang bekerja untuk kantor berita Turkiye Anadolu.

Alaloul mengatakan kepada jurnalis AFP bahwa putranya, Ahmed (13) dan Qais (4), tewas dalam serangan itu bersama saudara laki-lakinya. Istri, ibu, dan dua anak lainnya terluka.

Baca juga:

Israel bersumpah menghancurkan Hamas setelah diserang pada 7 Oktober 2023 yang menurut otoritas setempat menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Sementara itu, lebih dari 240 warga Israel dan asing juga disandera dalam serangan itu.

Adapun Kementerian Kesehatan Gaza menyampaikan, lebih dari 9.480 penduduk di wilayah kantong Palestina itu terenggut nyawanya. Mayoritas perempuan dan anak-anak.

Baca juga: Demonstrasi Pecah di Beberapa Wilayah Israel, Termasuk di Luar Kediaman PM Netanyahu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com