Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Dahsyat M 6,8 Melanda Maroko, Bangunan Runtuh, Warga Melarikan Diri

Kompas.com - 09/09/2023, 08:27 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

RABAT, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 6,8 skala Richter di Maroko merobohkan gedung-gedung dan membuat orang-orang melarikan diri dari rumah mereka di beberapa kota pada hari Jumat (8/9/2023) malam.

Skala kerusakan yang paling dekat dengan pusat gempa di pegunungan Atlas Tinggi masih belum jelas.

Penduduk Marrakech, kota besar terdekat dengan pusat gempa, mengatakan beberapa bangunan telah runtuh.

Baca juga: Afraa, Bayi yang Lahir di Bawah Reruntuhan Gempa Suriah, Kini Hidup Sehat

Saluran berita Pan-Arab al-Arabiya, dilansir dari Reuters, melaporkan bahwa lima orang tewas dari satu keluarga, mengutip sumber-sumber lokal yang tidak disebutkan namanya.

Pusat gempa berada di kedalaman yang relatif dangkal yaitu 18,5 km dan terjadi sekitar 72 km (44 mil) barat daya Marrakesh dan 56 km barat kota Oukaimeden setelah pukul 23.00 waktu setempat (22.00 GMT), demikian menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Daerah pusat gempa di Pegunungan Atlas Tinggi, yang dikenal sebagai Ighil, adalah wilayah desa-desa pertanian kecil.

Belum ada komentar dari pejabat darurat atau pemerintah setempat di media Maroko dan Reuters tidak dapat segera menghubungi pihak manapun untuk menghubungi mereka.

Di Marrakech, beberapa rumah di kota tua yang padat telah runtuh dan orang-orang bekerja keras dengan tangan untuk membersihkan puing-puing sambil menunggu alat berat, kata penduduk setempat, Id Waaziz Hassan.

Warga Marrakech lainnya, Brahim Himmi, mengatakan bahwa ia melihat ambulans keluar dari kota tua dan banyak fasad bangunan yang rusak.

Ia mengatakan bahwa orang-orang ketakutan dan tetap berada di luar untuk berjaga-jaga jika terjadi gempa susulan.

Baca juga: Gempa M 7,2 Guncang Semenanjung Alaska, Sempat Picu Peringatan Tsunami

Orang-orang di Rabat, sekitar 350 km sebelah utara Ighil, dan di kota pesisir Imsouane, sekitar 180 km di sebelah baratnya, juga melarikan diri dari rumah mereka, karena takut akan gempa yang lebih kuat.

Beberapa video yang dibagikan di media sosial, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters, tampaknya menunjukkan setidaknya satu bangunan runtuh dan reruntuhan di jalanan.

Baca juga: Gempa M 6,2 di Jepang Utara, Guncangan Kuat Selama 30 Detik

Video lainnya menunjukkan orang-orang berlarian keluar dari pusat perbelanjaan, restoran, dan gedung apartemen dan berkumpul di luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com