Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai dan Kia Tarik 91.000 Kendaraan di AS karena Risiko Kebakaran

Kompas.com - 04/08/2023, 10:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hyundai Motor dan Kia menarik lebih dari 91.000 kendaraan baru di Amerika Serikat karena risiko kebakaran.

Mereka juga mengimbau para pemiliknya untuk memarkir kendaraan di luar rumah dan menjauh dari bangunan yang sedang dalam proses perbaikan.

Penarikan kembali tersebut mencakup kendaraan Hyundai Palisade 2023-2024, Tucson 2023, Sonata, Elantra, dan Kona serta Seltos 2023-2024 dan Kia Soul, Sportage 2023.

Baca juga: Geger Tuduhan AS Simpan Kendaraan Alien, Bukti Valid Adanya UFO?

Dilansir dar Reuters, sekitar 52.000 kendaraan Hyundai dan hampir 40.000 kendaraan Kia tercakup dalam penarikan tersebut.

Produsen mobil Korea itu mengatakan bahwa pengontrol elektronik untuk rakitan pompa oli Idle Stop & Go mungkin mengandung komponen listrik yang rusak yang dapat menyebabkan pompa menjadi terlalu panas.

Pemilik akan diberitahu pada akhir September dan dealer akan memeriksa dan mengganti pengontrol pompa oli elektrik sesuai kebutuhan.

Kia mengatakan bahwa mereka memiliki enam laporan tentang kejadian termal yang berpotensi terkait tetapi tidak ada kecelakaan atau cedera, sementara Hyundai memiliki empat laporan serupa.

Produsen mobil itu mengatakan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional bahwa suku cadang yang dicurigai telah dihilangkan dari produksi pada bulan Maret.

Hyundai mengatakan kepada dealer bahwa kendaraan sewaan harus disediakan bagi pelanggan yang merasa tidak aman mengoperasikan kendaraan mereka sampai perbaikan recall tersedia.

Hyundai mengatakan jika pemilik melaporkan bau terbakar/meleleh, mereka harus menderek kendaraan mereka ke dealer Hyundai terdekat dan tidak boleh mengemudikannya.

Baca juga: NATO: Negara Mitra Telah Kirim 1.550 Kendaraan Tempur ke Ukraina

Selain risiko kebakaran, kerusakan akibat panas dapat memicu korsleting yang berdampak pada pengontrol kendaraan di dalam mobil, kata Hyundai.

Hyundai mengatakan pada bulan Desember bahwa mereka menerima laporan tentang kendaraan Hyundai Palisade 2023 yang menunjukkan kerusakan panas pada kabel penghubung/konektor pompa oli listrik, yang mendorong produsen mobil tersebut untuk membuka penyelidikan.

Baca juga: Ukraina Pesan 100 Kendaraan Lapis Baja dari Polandia

Kia mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka menerima laporan tentang melelehnya Soul 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com