Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Pesan 100 Kendaraan Lapis Baja dari Polandia

Kompas.com - 02/04/2023, 06:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SIEMIANOWICE SLASKIE, KOMPAS.com - Ukraina memesan 100 kendaraan lapis baja serba guna Rosomak, yang dibuat di Polandia dengan lisensi dari Finlandia.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengumumkannya pada Sabtu (1/4/2023) saat berkunjung ke lokasi pembuatan Rosomak di Kota Siemianowice Slaskie.

"Saya membawa pesanan yang dilakukan kemarin oleh Perdana Menteri (Ukraina) Denys Shmyhal untuk 100 Rosomak yang akan dibuat di sini," kata Morawiecki, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Rusia Disebut Gunakan TikTok untuk Dorong Narasi Pro-Moskwa tentang Ukraina

Pesanan tersebut akan dibayar melalui dana yang diterima Polandia dari Uni Eropa dan dana AS yang diterima Ukraina, katanya, tanpa memberikan perincian atau keseluruhan biaya kontrak.

Amerika Serikat dan para sekutunya memberi Ukraina sejumlah dana dan senjata setelah Rusia menginvasi negara tetangga pecahan Uni Soviet yang pro-Barat itu pada Februari 2022.

Rosomak adalah kendaraan lapis baja serbaguna 8x8 yang diproduksi di bawah lisensi Patria Finlandia.

Baca juga: Rusia Jatuhkan Pasokan Senjata Vital dari AS untuk Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com