Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanas, Polandia Tutup Penyeberangan Perbatasan ke Belarus

Kompas.com - 09/02/2023, 21:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

WARSAWA, KOMPAS.comPolandia akan menutup penyeberangan perbatasan utama dengan Belarus sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Polandia Mariusz Kaminski di Twitter pada Kamis (9/2/2023) melalui Twitter.

Penutupan penyeberangan perbatasan dari Polandia ke Belarus terjadi saat hubungan antara kedua negara jatuh ke titik terendahnya selama beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-327 Serangan Rusia ke Ukraina: Moskwa-Belarus Latihan Militer | PBB Duga Kejahatan Perang di Dnipro

Hubungan yang sudah tegang antara Warsawa dan Minsk semakin panas pada Rabu (8/2/2023) ketika seorang jurnalis asal Polandia, Andrzej Poczotetapi, dijatuhi hukuman delapan tahun penjara oleh pengadilan Belarus.

Menurut Polandia, persidangan di Belarus bermotivasi politik, sebagaimana dilansir Reuters.

“Karena kepentingan keamanan negara, saya memutuskan untuk menangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut mulai 12.00 pada 10 Februari tahun ini lalu lintas di perbatasan Polandia-Belarusia di Bobrowniki,” tulis Kaminski di Twitter.

Baca juga: Rusia-Belarus Mulai Latihan Militer Bersama, Ukraina Khawatirkan Serangan Baru

Bobrowniki, yang terletak lebih dari 200 kilometer (km) sebelah timur laut Warsawa, adalah salah satu titik penyeberangan utama antara Polandia dan Belarus.

Kaminski menuturkan, karena Poczotetapi dijebloskan ke penjara, dia akan mengajukan beberapa orang yang terkait dengan Presiden Belarus Alexander Lukashenko untuk dimasukkan ke daftar sanksi.

Kementerian Luar Negeri Belarus dan Kedutaan Belarus di Warsawa tidak dapat segera dihubungi Reuters untuk dimintai komentar.

Baca juga: Mantan Capres Belarus Ditangkap, Tokoh Oposisi Anti-Presiden

Sejauh ini, Polandia menjadi tempat perlindungan utama bagi para penentang rezim Lukashenko.

Selain itu, Warsawa juga menjadi salah satu sekutu paling setia Kyiv sejak sekutu Belarus, Rusia, menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Pada 2021, Polandia dan Uni Eropa mengatakan, Minsk telah merekayasa krisis migran di perbatasannya, sebuah tuduhan yang dibantah Belarus.

Baca juga: Belarus Jatuhkan Rudal dari S-300 Ukraina yang Masuk Wilayahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com