Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Pabrik Amunisi Iran, Teheran Sebut Serangan Drone

Kompas.com - 29/01/2023, 12:14 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

TEHERAN, KOMPAS.com – Sebuah ledakan mengguncang sebuah pabrik amunisi di pusat kota Isfahan, Iran.

Kementerian Pertahanan Iran, dikutip media Pemerintah Iran, menyampaikan bahwa ledakan tersebut berasal dari drone yang mencoba melancarkan serangan namun berhasil digagalkan.

“Salah satu (drone) terkena pertahanan udara dan dua lainnya terjebak dalam jebakan pertahanan dan meledak,” kata Kementerian Pertahanan Iran dalam pernyataan yang disiarkan IRNA.

Baca juga: Iran Segera Terima Sukhoi Su-35 dari Rusia, Pesan Rudal dan Helikopter Juga

“Untungnya, serangan yang gagal ini tidak menyebabkan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan kecil pada atap pabrik,” sambung Kementerian Pertahanan Iran.

IRNA sebelumnya melaporkan ledakan keras tersebut dan merilis video yang menunjukkan kilatan cahaya di pabrik dan video yang menunjukkan kendaraan darurat serta truk pemadam kebakaran di luar pabrik.

“(Serangan) tidak memengaruhi instalasi dan misi kami. Dan tindakan membabi buta seperti itu tidak akan berdampak pada kemajuan negara,” ujar Kementerian Pertahanan Iran.

Baca juga: Iran Eksekusi Gantung Alireza Akbari, Inggris Berseru Tak Akan Tinggal Diam

Kabar ledakan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan dengan musuh bebuyutan Iran, Israel, atas program nuklir Teheran.

Israel mengatakan, Iran sedang berusaha mengembangkan senjata nuklir. Teheran menyangkal tudingan tersebut.

Sebelumnya, ada sejumlah ledakan dan kebakaran di sekitar fasilitas militer, nuklir, dan industri Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Iran Eksekusi Alireza Akbari dengan Cara Digantung, Dituduh Jadi Mata-mata Inggris

Pada Juli 2022, Iran mengaku telah menangkap tim sabotase yang terdiri dari milisi Kurdi yang bekerja untuk Israel yang berencana meledakkan pusat industri pertahanan di Isfahan.

Pada tahun 2021, Iran menuduh Israel menyabotase fasilitas nuklir Natanz dan bersumpah akan membalas dendam atas serangan tersebut.

Ledakan di situs-situs sensitif Iran terkadang menimbulkan kekhawatiran di tengah ketegangan atas program nuklir Iran dengan Israel dan AS.

Israel mengancam aksi militer terhadap Iran jika pembicaraan tidak langsung antara Washington dan Teheran gagal menyelamatkan pakta nuklir 2015.

Baca juga: AS Beri Sanksi Pemasok Drone Iran ke Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com