Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi dan Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Kompas.com - 23/12/2022, 16:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com – Militer Korea Selatan menyebut Korea Utara menembakkan rudal balistik lagi pada Jumat (23/12/2022).

"Korea Utara menembakkan rudal balistik tak dikenal ke (Laut) Timur," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengacu perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Korea Utara tercatat sepanjang tahun ini telah melakukan banyak uji coba peluncuran rudal, termasuk rudal balistik antarbenua tercanggih bulan lalu.

Baca juga: Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Balistik, Mendarat di Luar ZEE Jepang

Saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un yang kuat juga bersikeras pada awal pekan ini bahwa Korea Utara telah mengembangkan teknologi canggih untuk mengambil gambar dari luar angkasa menggunakan satelit mata-mata.

Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Korea Utara sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, menyebut AS dan Korea Selatan telah mengadakan latihan udara bersama pada Selasa (20/12/2022), dan mengerahkan pesawat pengebom strategis B-52H AS ke semenanjung Korea.

Latihan kedua negara juga melibatkan pesawat tempur siluman F-22 dan F-35.

Baca juga: Rusia Coba Dapatkan Rudal Balistik Iran, Inggris Ketar-ketir

Peluncuran rudal balistik Korea Utara pada hari Jumat ini terjadi beberapa jam setelah Gedung Putih mengatakan Pyongyang telah mengirimkan senjata ke kelompok militer swasta Rusia Wagner.

Mengungkap pengiriman pada Kamis (22/12/2022) waktu AS, Gedung Putih menyebut Wagner sebagai "saingan" untuk kekuasaan pertahanan dan kementerian lain di Kremlin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com