Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Lonjakan Infeksi Covid-19 di China Bisa Picu Kembali Darurat Global

Kompas.com - 21/12/2022, 15:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

BEIJING, KOMPAS.com - Terlalu dini untuk mengumumkan akhir global dari darurat pandemi Covid-19 karena potensi gelombang dahsyat yang akan datang di China.

Hal ini disampaikan beberapa ilmuwan terkemuka dan penasihat WHO.

Dilansir dari Guardian, pandangan mereka mewakili perubahan sejak China mulai membongkar kebijakan nol-Covid minggu lalu setelah lonjakan infeksi dan protes publik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: AS Siap Bantu China Lawan Wabah Covid-19 Terbaru

Proyeksi menunjukkan ekonomi terbesar kedua di dunia itu dapat menghadapi lebih dari satu juta kematian pada tahun 2023 setelah perubahan arah yang tiba-tiba.

Pendekatan nol-Covid China membuat infeksi dan kematian relatif rendah di antara populasi 1,4 miliar, tetapi pelonggaran aturan telah mengubah gambaran global, kata para ahli.

“Pertanyaannya adalah apakah Anda dapat menyebutnya pasca-pandemi ketika bagian dunia yang begitu signifikan sebenarnya baru saja memasuki gelombang kedua,” kata ahli virologi Belanda Marion Koopmans, yang duduk di komite WHO yang bertugas memberi nasihat tentang status keadaan darurat.

“Jelas bahwa kita berada dalam fase pandemi yang sangat berbeda, tetapi dalam pikiran saya, gelombang yang tertunda di China adalah kartu liar pandemi," tambahnya.

Baca juga: Jenazah Korban Covid-19 Menumpuk di Rumah Duka dan RS China, Puluhan Dikremasi Diam-diam

Baru-baru ini pada bulan September, kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pandemi akhirnya sudah di depan mata.

Pekan lalu, dia mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa dia berharap akan berakhirnya keadaan darurat pada tahun 2023.

Sebagian besar negara menghapus pembatasan Covid karena ancaman varian baru virus yang berbahaya atau kebangkitan infeksi berkurang pada paruh kedua tahun 2022.

Komentar Tedros sebelumnya memicu harapan bahwa badan PBB tersebut dapat segera menghapus penetapan tingkat kewaspadaan tertinggi untuk Covid, yang telah berlaku sejak Januari 2020.

Baca juga: China Klaim Tak Ada Kematian Covid-19 Baru Setelah Ubah Kriteria Pencatatan

Koopmans dan anggota komite penasehat WHO lainnya akan membuat rekomendasi mereka pada tingkat kewaspadaan pada akhir Januari. Tedros membuat keputusan akhir dan tidak wajib mengikuti rekomendasi panitia.

Pada hari Selasa (20/12/2022), kota-kota di seluruh China bergegas untuk memasang tempat tidur rumah sakit dan membangun klinik pemeriksaan demam.

Pihak berwenang melaporkan lima kematian lagi dan kekhawatiran internasional tumbuh tentang keputusan mengejutkan Beijing untuk membiarkan virus itu bebas.

Baca juga: Dunia Khawatirkan Gelombang Baru Covid-19 di China

Selain risiko bagi China, beberapa tokoh kesehatan global telah memperingatkan bahwa membiarkan virus menyebar di dalam negeri juga dapat memberikan peluang untuk bermutasi, yang berpotensi menciptakan varian baru yang berbahaya.

Saat ini, data dari China yang dibagikan dengan WHO dan database virus GISAID menunjukkan varian yang beredar di sana adalah Omicron yang dominan secara global dan turunannya, meskipun gambarannya tidak lengkap karena kurangnya data lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com