Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

 DOHA, KOMPAS.com - Perjalanan Piala Dunia FIFA Iran berakhir setelah Amerika Serikat mengalahkan tim 1-0 dalam pertandingan hari Rabu (30/11/2022).

Tapi gerakan yang ditunjukkan oleh seorang pemain Amerika telah membuat hati terenyuh.

Dilansir dari NDTV, tak lama setelah mengeluarkan Iran dari Piala Dunia, sebuah klip di Twitter menunjukkan pemain sepak bola Tim AS Antonee Robinson memeluk lawannya dari Iran Ramin Rezian.

Baca juga: Warga Iran Ditembak Mati Aparat Saat Rayakan Kekalahan dari AS di Piala Dunia Qatar

Kemenangan AS mengirim Iran keluar dari Piala Dunia dan memastikan musuh bebuyutan republik Islam itu mendapat tempat di fase sistem gugur turnamen di Qatar.

Rezian terlihat menangis setelah kekalahan mengejutkan timnya dan memeluk Robinson dengan erat saat anggota tim lainnya bergerak di tanah.

Pelukan emosional itu dirayakan oleh banyak pengguna Twitter.

"Kemanusiaan terbaik yang ditampilkan, setelah AS mengalahkan Iran di Piala Dunia, para pemain berbagi momen emosional, menunjukkan bagaimana sportivitas dapat melampaui geopolitik," kata yang lain.

Sementara itu, orang-orang di Iran merayakan kekalahan tim mereka dari AS di Piala Dunia FIFA.

Baca juga: Piala Dunia: Iran Kalah dari AS, Warga Justru Gelar Perayaan

Di kampung halaman perempuan Kurdi berusia 22 tahun, Mahsa Amini, yang kematiannya pada September memicu protes meluas di Iran, pengunjuk rasa melepaskan kembang api.

Sebuah video yang dibagikan di Twitter oleh aktivis Kurdi Kaveh Ghoreishi menunjukkan sebuah lingkungan pada malam hari di kota Sanandaj dengan suara sorak sorai dan klakson menggelegar setelah Amerika Serikat mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NDTV

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com