Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salman Rushdie Penulis Ayat-ayat Setan Buta Satu Mata dan Lumpuh Tangannya

Kompas.com - 24/10/2022, 12:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

NEW YORK, KOMPAS.com - Kondisi Salman Rushdie sekarang buta satu mata dan salah satu tangannya lumpuh setelah ditikam di atas panggung acara sastra di barat New York pada Agustus 2022.

Agennya yaitu Andrew Wylie dalam wawancara dengan surat kabar Spanyol El Pais mengatakan, Salman Rushdie mengalami luka dalam.

"Dia mengalami tiga luka serius di lehernya. Satu tangannya lumpuh karena saraf di lengannya terputus. Dan dia memiliki sekitar 15 luka lagi di dada dan dada," lanjut Wylie menggambarkan kondisi Salman Rushdie, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Siapa Salman Rushdie dan Apa Isi Buku Ayat-ayat Setan?

Namun, Wylie tidak mengungkapkan apakah pria berusia 75 tahun itu masih di rumah sakit.

Salman Rushdie ditikam di leher dan dada tepat sebelum penulis novel Ayat-ayat Setan tersebut memberikan kuliah di Chautauqua Institution lebih dari dua bulan. Penusuknya adalah pria asal New Jersey berusia 24 tahun bernama Hadi Matar. 

Salman Rushdie langsung dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami luka parah dalam serangan itu, termasuk kerusakan saraf di lengannya, luka di hati, dan kemungkinan kehilangan satu mata, kata Wylie saat itu.

Serangan terjadi 33 tahun setelah Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin tertinggi Iran saat itu, mengeluarkan fatwa membunuh Salman Rushdie beberapa bulan setelah Ayat-ayat Setan diterbitkan.

Baca juga:

Salman Rushdie lahir di India dari keluarga Kashmir. Setelah menulis Ayat-ayat Setan, ia sembilan tahun bersembunyi di bawah perlindungan polisi Inggris.

Meski pemerintah pro-reformasi Iran dari Presiden Mohammad Khatami tidak mengungkit fatwa pada akhir 1990-an tersebut, fatwa itu tidak pernah dicabut.

Hadi Matar penusuk Salman Rushdie mengaku tidak bersalah atas percobaan pembunuhan tingkat dua dan tuduhan penyerangan. Dia ditahan tanpa jaminan di penjara barat New York.

Baca juga: Pengakuan Hadi Matar, Penikam Salman Rushdie, di Sidang dan Wawancara Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com