Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Bersumpah China Akan Tetap Rebut Taiwan, Mungkin dengan Kekuatan

Kompas.com - 16/10/2022, 12:25 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden Xi Jinping pada Minggu (16/10/2022) bersumpah, China "tidak akan pernah berkomitmen untuk mengabaikan penggunaan kekuatan" ketika menyangkut masalah Taiwan.

Sumpah Xi Jinping diucapkan dalam pidato yang menandai dimulainya Kongres Partai Komunis di Beijing.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah masalah rakyat China sendiri, dan harus diselesaikan oleh rakyat China sendiri," kata Xi dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Xi Jinping Selangkah Lagi Jabat Periode Ketiga Pimpin China, Terkuat sejak Mao Zedong

"Kami akan terus berjuang untuk prospek reunifikasi damai dengan ketulusan dan upaya terbesar, tetapi tidak akan pernah berkomitmen untuk meninggalkan penggunaan kekuatan, dan ada opsi mengambil semua tindakan yang diperlukan," kata Xi kepada delegasi Partai Komunis di Balai Besar Rakyat Beijing.

China memandang Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis sebagai bagian dari wilayahnya, untuk direklamasi suatu hari nanti dengan intervensi militer jika perlu.

“Roda sejarah reunifikasi nasional dan peremajaan nasional sedang bergulir ke depan,” tambah Xi Jinping. "Reunifikasi ibu pertiwi harus dicapai dan akan tercapai."

Baca juga:

Lebih lanjut, Xi Jinping juga mengecam separatisme dan campur tangan dalam masalah ini.

Dia turut memuji transisi Hong Kong dari kekacauan ke masuknya pemerintahan, setelah penerapan undang-undang keamanan nasional pada 2020 yang telah melarang aksi protes di kota yang dulunya blak-blakan itu.

"Situasi di Hong Kong telah mencapai transisi besar dari kekacauan ke dalam pemerintahan," ujar Xi Jinping.

Baca juga: 10 Hal tentang UU Keamanan Nasional Hong Kong yang Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com