Kompas.com - 30/09/2022, 21:30 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (30/9/2022) menandatangani perjanjian untuk mencaplok empat wilayah Ukraina yang diduduki Moskwa yaitu Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia.

Dalam upacara akbar di Kremlin, Putin di atas panggung kemudian bergandengan tangan dengan para kepala daerah wilayah tersebut yang ditunjuk Moskwa.

Di hadapan para pejabat elite Rusia mereka bersama-sama meneriakkan, "Rusia! Rusia!".

Baca juga: Jelang Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia, Zelensky Gelar Rapat Darurat Keamanan

Putin mencaplok keempat wilayah tersebut meskipun ada peringatan dari Barat dan fakta bahwa pasukan Rusia tidak mengendalikan keseluruhan wilayahnya.

Putin berujar, orang-orang di kawasan itu membuat pilihan tunggal untuk bergabung dengan Rusia setelah referendum yang diselenggarakan Moskwa.

"Saya ingin mengatakan ini kepada rezim Kyiv dan penguasanya di Barat: Orang-orang yang tinggal di Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia menjadi warga negara kita selamanya," katanya dikutip dari kantor berita AFP.

Negara-negara Barat dan organisasi-organisasi internasional tidak mengakui pemungutan suara tersebut, yang diselenggarakan setelah Rusia merebut wilayah dengan paksa.

Baca juga:

Dalam pidatonya sebelum menandatangani perjanjian, Putin menuntut agar Kyiv menghentikan semua aksi militer.

"Kami menyerukan kepada rezim Kyiv untuk segera menghentikan pertempuran dan menghentikan semua permusuhan... dan kembali ke meja perundingan."

Putin, yang akan berusia 70 tahun minggu depan, mengerahkan pasukan ke Ukraina pada Februari.

Pekan lalu, dia mengumumkan mobilisasi parsial untuk menopang pasukan Rusia di Ukraina yang menderita kekalahan besar dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Apa Itu Mobilisasi Parsial Rusia dan Dampaknya di Perang Ukraina?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.