Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Akan Pidato Besar Usai Rusia Caplok Kherson dan Zaporizhzhia di Ukraina

Kompas.com - 30/09/2022, 17:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP,CNBCTV18

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menyampaikan pidato besar setelah pencaplokan dua wilayah Ukraina yang diduduki, yaitu Kherson dan Zaporizhzhia pada Jumat (30/9/2022).

Menurut CNBCTV18, pidato Putin akan disampaikan pada Jumat pukul 17.30 waktu setempat atai 21.30 WIB.

Putin menandatangani dekrit berisikan pengakuan kemerdekaan dua wilayah tersebut--Kherson di selatan dan Zaporizhzhia di tenggara--pada Kamis (29/9/2022) malam.

Baca juga: Ukraina Terkini: Putin Akui Kemerdekaan 2 Wilayah Ukraina, Zaporizhzhia dan Kherson

Pencaplokan Kherson dan Zaporizhzhia menambah wilayah Ukraina yang bergabung dengan Rusia, setelah daerah separatis Donetsk dan Luhansk diakui merdeka pada Februari 2022.

"Saya memerintahkan pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan negara dari wilayah Zaporizhzhia dan Kherson yang terletak di Ukraina selatan,” kata Putin dalam dekrit tersebut, dikutip dari kantor berita AFP.

Juru bicara Kremlin yakni Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, aneksasi akan diresmikan dalam upacara mewah dan diisi pidato besar Putin.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berkata, AS tidak akan pernah mengakui kedaulatan Rusia atas wilayah-wilayah tersebut.

Aneksasi Kherson dan Zaporizhzhia diumumkan di tengah ancaman nuklir Rusia, yang pasukannya dipukul mundur oleh serangan balasan Ukraina di timur.

Pasukan Ukraina bahkan dapat mencapai ambang pintu kota Lyman di wilayah Donetsk yang dikepung Rusia selama berminggu-minggu sebelum merebutnya musim panas ini.

Baca juga:

Para pemimpin Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia yang diangkat Kremlin dan memohon aneksasi kepada Putin pekan ini telah berkumpul di ibu kota Rusia pada Kamis (29/9/2022) menjelang upacara peresmian.

Di sisi lain, penyelenggaraan referendum di Kherson, Zaporizhzhia, Luhansk, dan Donetsk tak akan diakui oleh Ukraina.

Ukraina berujar, satu-satunya tanggapan yang tepat dari Barat adalah menjatuhkan lebih banyak sanksi ke Rusia dan memasok lebih banyak senjata kepada pasukan Ukraina untuk terus merebut kembali wilayah-wilayahnya.

Baca juga: Soal Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia, Ini Tanggapan PBB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,CNBCTV18

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com