Kompas.com - 26/09/2022, 21:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Ribuan warga Rusia dilaporkan telah memilih meninggalkan negara mereka setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial untuk perang di Ukraina pekan lalu.

Meski demikian, Pemerintah Rusia belum berencana menutup perbatasan negara.

Juru bicara Kremlin Dmitry pada Senin (26/9/2022) menyampaikan belum ada keputusan yang dibuat untuk menutup perbatasan maupun memberlakukan darurat militer di wilayah tertentu di Rusia.

Baca juga: Hindari Mobilisasi Parsial, 3.000 Warga Rusia Antre Panjang Masuk Mongolia

"Saya tidak tahu apapun tentang ini. Tidak ada keputusan yang dibuat untuk saat ini," kata Peskov, saat menjawab pertanyaan media tentang apakah darurat militer akan diberlakukan di wilayah perbatasan tertentu dan apakah perbatasan akan ditutup di sana.

"Sejauh ini belum ada keputusan yang dibuat mengenai hal ini," kata Peskov tentang kemungkinan memberlakukan darurat militer di beberapa wilayah, sebagaimana dikutip dari Kantor berita Rusia, TASS.

Dia juga mengomentari terkait rumor "mobilisasi transportasi" sedang dipertimbangkan Pemerintah Rusia.

"Tidak, tidak ada hal semacam itu yang diumumkan," kata Peskov.

Terkait publikasi daftar kendaraan bermotor yang diduga akan diambil dari pemiliknya sebagai bagian dari kampanye mobilisasi, yang beredar di jejaring sosial, Peskov mengatakan rumor semacam itu harus diperlakukan dengan sangat hati-hati.

Baca juga:

"Seseorang harus sangat berhati-hati dengan semua daftar seperti itu. Musuh kita terus meluncurkan desas-desus seperti itu. Beberapa orang histeris di rumah juga melakukan itu. Seseorang harus sangat, sangat berhati-hati. Ada lebih banyak berita palsu daripada kebenaran tentang itu," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TASS

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.