Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Perang Rusia-Ukraina, Situasi di Garis Depan Timur Tegang

Kompas.com - 15/04/2024, 12:39 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

CHASSIV YAR, KOMPAS.com - Ukraina pada Minggu (14/4/2024) mengatakan, situasi di garis depan timur tegang dalam perang melawan Rusia.

Pasukan Rusia saat ini melipatgandakan upayanya untuk merebut kota strategis Chassiv Yar.

Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov kemudian mengunjungi perbatasan, lokasi pasukan Ukraina kalah jumlah dan kehabisan amunisi.

Baca juga: PM Jepang: Ukraina Berisiko Terpuruk Tanpa Dukungan AS

Dia mengatakan, situasinya tegang sehari setelah Kyiv memperingatkan bahwa kondisi di garis depan timur memburuk secara signifikan.

Jika Rusia berhasil merebut Chassiv Yar, itu akan membuat mereka bisa semakin masuk ke pusat transportasi utama Ukraina, Kramatorsk, kata panglima Ukraina Oleksandr Syrsky.

Kota Kramatorsk adalah pusat kereta api dan logistik utama bagi tentara Ukraina, berjarak 30 kilometer dari Chassiv Yar.

Umerov memaparkan, Rusia juga mencoba menerobos masuk Bakhmut, kota yang ditaklukkan pasukan Moskwa pada Mei 2023 setelah pertempuran sengit.

Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia mengeklaim telah merebut beberapa desa kecil, terutama di dekat kota industri Avdiivka pada Sabtu (13/4/2024).

Baca juga:

Mereka juga meningkatkan serangan udara terhadap infrastruktur Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Kremlin bertujuan mengusir orang-orang dari kota terbesar kedua yaitu Kharkiv.

Kini lebih dari dua tahun perang melawan Rusia berlangsung, tetapi dukungan dari sekutu Barat ke Ukraina melemah.

Eropa sedang kesulitan menghasilkan persenjataan yang cukup, dan bantuan Amerika Serikat terhambat oleh perselisihan politik di Kongres.

Baca juga: Swiss Akan Jadi Tuan Rumah KTT Perdamaian Perang Rusia-Ukraina pada Juni 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com