Kompas.com - 19/09/2022, 22:28 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Pemilihan umum (Pemilu) Malaysia di depan mata.

Spekulasi pemilu dini parlemen "Negeri Jiran” semakin kencang akhir-akhir ini setelah Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri berkali-kali memberi isyarat parlemen akan segera dibubarkan.

Terakhir pada Sabtu (17/9/2022), Ismail menyampaikan akan segera memutuskan tanggal pemilu setelah berdiskusi dengan Presiden partai berkuasa Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) Ahmad Zahid Hamidi.

Baca juga: Selagi Melayat Ratu Elizabeth II, Presiden Singapura dan Raja Malaysia Bertemu

“Pemilu sudah sangat dekat. Tunggulah sebentar lagi. Saya mendengarkan permintaan saudara-saudara,” ucap Ismail ketika meluncurkan mesin kampanye sayap pemuda Barisan Nasional, koalisi yang saat ini memerintah Malaysia, sebagaimana dikutip dari The Star Malaysia.

Adapun pemilihan parlemen Malaysia harus digelar paling lambat September 2023.

Restorasi hegemoni UMNO

Tiga tahun setelah kekalahan mengejutkan pada pemilu pada Mei 2018, UMNO bertekad untuk merestorasi hegemoni kekuasaan sebagai partai terkuat Malaysia.

Kata stabilitas terus digaung-gaungkan UMNO mengingatkan rakyat Malaysia akan krisis politik berkepanjangan setelah kemenangan koalisi oposisi Pakatan Harapan.

Dalam waktu hanya 2,5 tahun, Malaysia dipimpin tiga PM yang berbeda dari tiga koalisi yang berbeda.

Sebelum Ismail naik pada Agustus 2022, Mahathir Mohamad dan Muhyiddin Yassin masing-masing memerintah selama 22 dan 17 bulan.

Baca juga: Miss Taiwan Menangis Dilarang Kibarkan Bendera Taiwan di Kontes Malaysia

Di tengah kesulitan ekonomi dunia, perang Rusia-Ukraina, dan pandemi Covid-19, popularitas UMNO mulai pulih ditandai dengan kemenangan telak di pemilu negara bagian Melaka dan Johor.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.