Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Taiwan Menangis Dilarang Kibarkan Bendera Taiwan di Kontes Malaysia

Kompas.com - 15/09/2022, 20:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Ratu kecantikan Taiwan Kao Man-jung menangis karena dilarang mengibarkan bendera Taiwan saat tampil di acara perdagangan Malaysia.

Taiwan pada Rabu (14/9/2022) kemudian menuduh China menekan penyelenggara acara untuk melarang Kao mengibarkan bendera Taiwan di atas panggung.

Kao Man-jung tampak menangis ketika difoto bersama kontestan lain di upacara pembukaan World Congress on Innovation Technology (WCIT) 2022 pada Selasa (12/9/2022), menurut pihak berwenang Taiwan.

Baca juga: Kenapa China dan Taiwan Bermusuhan?

"China menekan penyelenggara Malaysia untuk melarang Nona Kao mengibarkan bendera nasional kami di atas panggung," kata Kementerian Luar Negeri Taiwan dikutip dari kantor berita AFP.

Kemlu Taiwan menambahkan bahwa pihaknya telah menginstruksikan kantor perwakilan di Malaysia untuk mengajukan keluhan resmi kepada penyelenggara.

China menganggap Taiwan, pulau demokrasi yang diperintah sendiri, sebagai bagian dari wilayahnya yang akan direbut suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Beijing juga mengecam pengakuan internasional atas Taiwan dan marah atas pengibaran bendera pulau itu di acara-acara internasional atau oleh selebritas asing.

Contohnya bintang pop AS Madonna dan Katy Perry sempat memicu amarah China karena menunjukkan bendera Taiwan, yang dipandang Beijing sebagai bentuk dukungan untuk kemerdekaan pulau tersebut.

Baca juga:

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan, tindakan seperti itu hanya akan membuat orang Taiwan dan komunitas internasional semakin tidak hormat dan menuduh Beijing melakukan perbuatan keji.

Media Taiwan melaporkan bahwa Miss Taiwan Kao Man-jung dihentikan tepat saat hendak naik ke atas panggung, sementara kontestan lain terlihat mengibarkan bendera negaranya masing-masing.

Baca juga: Bagaimana Taiwan Menghadapi Ancaman Militer China?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com